Mie Gerobak Enak

Penggemar Mie, Ini Beda Mie Ayam dan Mie Yamin yang Sama-sama Populer

Yenny Mustika Sari - detikFood Senin, 11 Nov 2019 07:30 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta -
Mie ayam dan mie yamin sekilas tak ada yang berbeda. Jika Anda pencinta mie, harus tahu beda mie ayam dan mie yamin berikut ini.


Mie adalah jenis kuliner yang memiliki banyak variasi di Indonesia. Mulai dari yang goreng hingga rebus dengan beragam jenis bumbu dan rempah. Mie juga merupakan makanan favorit dari berbagai kalangan, tua muda, pasti menyukai mie. Bahka mie instan di Indonesia juga menjadi primadona.


Bagi Anda pecinta mie, apalagi mie ayam atau mie yamin. Anda harus mengetahui perbedaan keduanya. Mulai dari rasa, tekstur, bahkan penyajiannya. Ini beda antara mie ayam dan mie yamin.

Penggemar Mie, Ini Beda Mie Ayam dan Mie Yamin yang Sama-sama PopulerFoto: instagram
1. Mie Ayam


Pertama ada mie ayam yang merupakan sebutan menu mie paling populer. Mie ayam merupakan makanan favorit orang Indonesia karena rasanya gurih enak. Walaupun memiliki rasa yang ringan, namun mie ayam sangat nikmat saat disantap. Dan juga cocok untuk disantap kapanpun. Mie ayam juga mudah ditemui dimanapun, mulai dari pedagang gerobakan pinggir jalan atau keliling, sampai di restoran.




Mie yang digunakan pada mie ayam ada berbagai macam yaitu mie kecil dan ada juga yang tebal. Namun tetap teksturnya kenyal. Warnanya mienya pun kuning pucat. Mie ayam disajikan bersama daun bawang cincang, ayam berbumbu kecap, rebusan sawi, dan disiram kuah bening yang gurih saat menyeruputnya.

Penggemar Mie, Ini Beda Mie Ayam dan Mie Yamin yang Sama-sama PopulerFoto: Istimewa
2. Mie Yamin


Untuk mie yamin, saat Anda melihatnya secara langsung saja sudah bisa menilai dimana letak perbedaannya. Memiliki warna cokelat yang cukup pekat, Anda pasti sudah mengetahui bahwa dalam mie yamin itu terdapat campuran kecap manis pada bumbunya.


Selain itu perbedaan terdapat pada penggunakan jenis mienya. Jika mie ayam bertekstur tebal dan kenyal, mie yamin justru menggunakan mie yang tipis dan tidak terlalu kenyal. Penyajiannya pun sama, disajikan bersama ayam bumbu kecap, cincangan daun bawang, serta rebusan sawi. Namun untuk kuah, pada mie yamin disajikan di mangkuk kecil terpisah.


Di beberapa tempat, mie ayam yamin juga dibedakan berdasarkan sentuhan rasanya. Ada yamin biasa, yamin gurih, atau yamin manis. Semuanya bergantung pada pemakaian kecap manis dan bumbu lainnya.


Kalau bingung memilih antara mie ayam atau mie yamin, tak perlu khawatir. Sebab mie ayam dan mie yamin biasanya sama-sama ditawarkan tiap penjual mie. Anda bisa memesan di awal jika ingin yamin sehingga penjual akan menyesuaikan bumbunya.




Simak Video "Lawa Ikan, Kuliner Legendaris dari Parepare"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/yms)