Bukan Tomat, Festival Ini Saling Lempar Kue dari Kotoran Sapi

Sonia Basoni - detikFood Sabtu, 09 Nov 2019 15:00 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Jika La Tomatina diselenggarakan di Spanyol. India punya festival Gore Habba, yang menggunakan kotoran sapi untuk merayakan festival ini.

Sekilas mirip seperti La Tomatina, festival tomat di Spanyol, di mana orang-orang saling lempar tomat ke satu sama lain. Tapi festival Gore Habba yang diselenggarakan di India ini, punya jenis yang berbeda, karena mereka menggunakan kue dari kotoran sapi.

Baca Juga: Keseruan Rempug Tarung Adu Tomat di Bandung Mirip Festival La Tomatina Spanyol
Bukan Tomat, Festival Ini Saling Lempar Kue dari Kotoran SapiFoto: Istimewa

Kue yang dimaksud bukan lah makanan yang dibuat dari kotoran sapi. Melainkan kotoran sapi dikumpulkan, kemudian dibentuk menjadi bola-bola besar mirip seperti kue, yang nantinya akan menjadi alat 'perang' dalam festival ini.

Dilansir dari Storypick (08/11), festival Gore Hara ini diselenggarakan di Gumatupura, di Tamil Nadu, India. Di mana festival yang dipenuhi kotoran sapi penuh aroma menyengat ini, diisi dengan tawa dan semangat oleh warga lokal.

Festival Gore Habba biasanya dilangsungkan setelah Diwali, tujuan dari festival ini yaitu untuk mendoakan kesehatan hingga kemakmuran.
Bukan Tomat, Festival Ini Saling Lempar Kue dari Kotoran SapiFoto: Istimewa

Karena festivalnya yang unik, foto-foto berisi tumpukan kotoran sapi berbentuk 'kue' yang sudah mengeras itu viral di internet. Banyak orang yang menyangka bahwa tumpukan kotoran sapi itu mirip seperti kue cokelat.

Padahal kotoran sapi ini disiapkan untuk Perang Pidakala, di mana orang-orang harus mengotori wajah setiap peserta dengan kotoran sapi hingga tubuhnya penuh kotoran.

Lemparan kotoran sapi ini dipercaya dapat membawa kemakmuran, hujan, hingga kesehatan. Sementara itu bola-bola atau kue kotoran sapi ini umum digunakan, di banyak wilayah terpencil di India.
Bukan Tomat, Festival Ini Saling Lempar Kue dari Kotoran SapiFoto: Istimewa

Banyak warga yang masih menggunakan kotoran sapi sebagai bahan bakar di rumah mereka. Ada juga yang menggunakan kotoran sapi sebagai tambalan, untuk membenarkan bagian rumah mereka yang rusak.

Tak hanya di India, beberapa negara juga punya festival unik, yang melibatkan makanan hingga pertarungan. Seperti di Kanada hingga Jepang.

Baca Juga: 5 Perang Makanan Paling Seru di Dunia, Cocok Bagi Para Foodies!

Simak Video "Unik! Begini Kalau Pesawat Airbus Diubah Jadi Restoran"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)