Omelet Sayuran yang Renyah, Praktis dan Kaya Nutrisi

Odilia Winneke Setiawati - detikFood Kamis, 07 Nov 2019 05:30 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Dalam waktu 10 menit Anda bisa siapkan omelet isi sayuran ini untuk sarapan. Tambahan sayuran akan beri asupan vitamin, mineral dan serat menyehatkan.

Omelet merupakan pilihan praktis buat sarapan yang disukai banyak orang. Ini karena olahan telur ini mudah dipadukan dengan beragam bahan. Dari olahan daging, keju hingga beragam sayuran. Selain rasanya lebih enak, kandungan nutrisinya juga bertambah.

Pilihan yang paling populer untuk isian omelet adalah jamur. Beragam jamur seperti jamur merang, jamu rkancing, enoki atau shitake enak dipadukan dengan telur. Rasa juicy dan umami jamur menyatu dengan rasa gurih creamy telur. Jamur dikenal kaya akan meneral sperti kalium, magnesium dan potassium.

Sementara rasa pedas menyengat paprika dan cabai juga bisa membuat omelet lebih segar dan menantang rasanya. Jenis cabai merupakan sayuran yang kaya akan vitamin C dan serat. Sebaiknya tumis jangan terlalu lama agar rasanya tetap renyah dan vitamin C tetap awet.

Untuk membuat Omelet Sayuran yang bisa siap dalam 10 menit ini, ikuti saja langkah-langkah praktis ini.



Omelet Sayuran yang Renyah, Praktis dan Kaya NutrisiFoto: iStock


1. Sayuran dan bahan lain

Beragam jenis sayuran cocok untuk paduan omelat, seperti wortel, sawi, bayam, jamur, daun bawang atau kucai. Potong kecil semua jenis sayuran agar lebih cepat lunak saat dimasak. Sesuaikan jumlah sayuran dengan jumlah telur yang dibuat omelet. Untuk 4 butir telur gunakan masing-masing 1 sendok makan sayuran untuk 2 atau 3 jenis sayuran. Misalnya 1 sdm paprika cincang, 1 sdm daun bawang cincang dan 1 sdm jamur cincang

Bahan lain yang perlu disiapkan 4 butir telur ayam, 1 sdt minyak wijen, 1/2 sdm kecap asin, 1 sdm saus tiram, 1/2 sdt merica bubuk dan 1/2 sdt garam

2. Campur telur dan bahan lainnya

Kocok telur bersama minyak wijen, kecap, saus tiram, merica dan garam hingga rata. Masukkan sayuran, aduk hingga rata. Jika ingin lebih padat bisa ditambahkan jumlah sayurnya.

Omelet Sayuran yang Renyah, Praktis dan Kaya NutrisiFoto: iStock


3. Masak omelet

Panaskan 1 sdm mentega dalam wajan datar 24 cm. Masukkan telur bersama campuran sayuran. Kecilkan api, tutup wajan. Masak hingga telur membeku dan matang seluruhnya. Lipat dan potong-potong sesuai selera. Sajikan hangat dengan saus cabai atau mayonnaise.



Simak Video "Kelezatan Bolu Gulung Lembut Tanpa Pengawet di Jakarta Barat"
[Gambas:Video 20detik]
(odi/odi)