Cuaca Masih Panas, Pria Ini Biasa Masak Telur Pakai Petai di Jalanan

Devi Setya - detikFood Minggu, 03 Nov 2019 09:00 WIB
Foto: instagram Foto: instagram
Jakarta - Setelah sukses aksi menggoreng kerupuk tanpa kompor di Bekasi, kini warga ikutan menggoreng telur. Telur dengan tambahan petai pun bisa matang tanpa bantuan kompor.

Cuaca panas yang melanda beberapa daerah di Indonesia dimanfaatkan oleh orang-orang kreatif. Sebelumnya ada ibu dari Bekasi yang menggoreng kerupuk dengan memanfaatkan sinar matahari.

Lalu di Yogyakarta juga ada netizen yang menggoreng telur tanpa mengandalkan api dari kompor. Kini yang paling baru ada netizen yang menggoreng telur campur petai tanpa bantuan kompor. Panas yang menyengat ternyata mampu membuat telur dan petai ini matang.
Cuaca Masih Panas, Pria Ini Biasa Masak Telur Pakai Petai di JalananFoto: instagram

Baca juga : Suhu Panas Ekstrem! 5 Makanan Ini Dimasak Dengan Sinar Matahari

Pria yang mengenakan helm ini bersiap dengan modal wajan, sedikit minyak goreng, telur dan petai. Mengambil lokasi di pinggir jalan, pria ini menaruh wajan berisi minyak goreng yang diletakkan di bawah paparan sinar matahari.

Setelah minyak dianggap cukup panas, ia lantas memecahkan telur dan memasaknya di atas wajan. Ia juga dengan cekatan mengupas petai yang sudah disiapkan. Telur dan petai goreng pun termasak oleh panasnya matahari.

"Mangane pete karo endog digoreng. Iki cocok iki panase pol pete ikut mateng iki," kata pria yang masak di pinggir jalan ini dalam bahasa Jawa. Jika diartikan, pria ini masak petai dan telur yang digoreng pakai panas matahari sehingga bisa matang.
Cuaca Masih Panas, Pria Ini Biasa Masak Telur Pakai Petai di JalananFoto: instagram

Uniknya, ia memilih masak di pinggir jalan sementara kendaraan lalu lalang di sampingnya. Video yang viral beberapa hari lalu ini memang menunjukkan telur mematang dengan perlahan.

Aksi goreng telur menggunakan panas matahari ini lantas mengundang banyak komentar netizen. "Buat anak kost bisa ini mah, gausah pakai kompor," kata netizen.

Tidak diketahui dimana video ini dibuat tapi banyak yang menebak di Surabaya karena suhu panasnya yang ekstreme. "Di Surabaya juga tren video begini. Pada nunggu minyak panas buat masak telur, panasnya parah" ujar netizen lain yang mengaku tinggal di Surabaya.

Baca juga : Unik! Keluarga Ini Suka Memasak dengan Panas Sinar Matahari






Simak Video "Resep Ayam Geprak"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)