Ini Fakta Video Viral Pria Berpeci Jilati Peralatan Makan di Masjid

Riska Fitria - detikFood Kamis, 31 Okt 2019 11:32 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Viral video sekumpulan pria berpeci jilati peralatan makan di masjid dengan judul "persiapan muslim saat memberi makan umat hindu". Ini fakta sebenarnya.

Dalam video viral yang berdurasi kurang lebih satu menit tersebut banyak dikecam oleh netizen karena memperlihatkan kejorokkan pria-pria saat mempersiapkan peralatan makan. Peralatan makan seperti piring, sendok dan mangkuk dibersihkan dengan cara diludahi kemudian dijilat.

Video vial tersebut pertama kali diunggah oleh pengguna facebook bernama Shiv Rajput pada 6 Juni 2019 lalu. Pada unggahannya ia menuliskan keterangan "Persiapan muslim saat Idul Fitri untuk memberikan makan umat Hindu".
Ini Fakta Video Viral Pria Berpeci Jilati Peralatan Makan di MasjidFoto: Istimewa

Para pria dalam video viral tersebut disebut sebagai Muslim lantaran mereka mengenakan setelah seperti muslim yaitu, jubah putih lengkap dengan pecinya. Selain itu, suasana yang terekam dalam video seperti berada di dalam masjid.

Dari situlah banyak netizen yang mempercayai bahwa pria-pria tersebut adalah muslim. Namun, fakta sebenarnya tidak mengatakan demikian. Mengutip dari The Fact Behind Every News (15/06) sekumpulan pria yang menjilati peralatan makan itu bukanlah muslim.

Tim mereka melakukan investigasi melalui google dengan menggunakan keyword "Muslim membersihkan piring dengan air liur". Kemudian dalam pencarian itu, mereka menemukan sebuah video serupa yang diunggah oleh Vimeo.
Ini Fakta Video Viral Pria Berpeci Jilati Peralatan Makan di MasjidFoto: Istimewa

Baca Juga : Menjijikan! Karyawan Fast Food Ini Ludahi Makanan dan Ribut dengan Pelanggan

Dalam video yang diunggah Vimeo itu menceritakan bahwa sekumpulan pria tersebut dari komunitas agama Dawoodi Bohra. Komunitas tersebut berasal dari negara Yaman dan India Barat. Orang-orang dari komunitas tersebut punya kebiasaan tidak menghabiskan makanan.

Itulah sebabnya mereka selalu menjilati semua peralatan makan untuk memastikan tidak ada makanan yang terbuang. Untuk memastikannya lagi, tim pencari fakta mencari foto dari screenshot video melalui situs "Bing Image Search". Dalam pencariannya tersebut mereka menemukan tautan ke berbagai situs web yang memberikan informasi tentang budaya Bohra.

Beberapa dari tautan tersebut juga menyebutkan adanya praktik tradisional yang disebut "Tidak Membuang Makanan". Di samping itu ada satu hal yang meyakinkan bahwa ini benar-benar tradisi dari Bohra, yaitu pada peci yang dikenakan. Motif peci yang digunakan oleh pria-pria dalam video viral itu sama persis dengan orang-orang beragama Bohra.
Ini Fakta Video Viral Pria Berpeci Jilati Peralatan Makan di MasjidFoto: Istimewa

Pada tautan tersebut juga memperlihatkan budaya bagaimana cara mereka makan. Yaitu makan bersama dengan berkumpul mengelilingi nampan besar berbentuk bundar.

Pencarian ini menegaskan bahwa video viral yang selama ini diyakini sebagai umat muslim adalah sebenarnya dari agama Bohra. Dan video viral tersebut bukan saat hari raya Idul Fitri melainkan memang tradisi makan bersama dari agama Bohra.

Baca Juga : Jorok! Ibu Ini Suruh Anaknya Buang Air Kecil di Gelas Restoran



Simak Video "Gaya Kocak Bocah Saat Memperagakan Masak"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)