Slurpp! Ramen Rekomendasi Michelin Guide Ini Harganya Rp 129.000 Saja

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Rabu, 30 Okt 2019 15:00 WIB
Foto: Istimewa
Jakarta - Michelin Guide memberi rekomendasi makanan enak yang wajib dicoba. Kalau ke Jepang, bisa cicip ramen Michelin Guide seharga Rp 129.000 saja.

Gerai ramen sangat mudah ditemukan di Jepang. Masing-masing gerai ramen memiliki keistimewaan yang membuat banyak orang tak bisa berpaling. Ada yang menyukai ramen dengan kuah bening atau sedikit creamy. Begitu juga dengan pilihan toppingnya.

Kalau mau ramen enak yang kelezatannya sudah diakui Michelin Guide, mampirlah ke Kagari yang berpusat di Ginza. Restoran spesialis ramen ini masuk dalam daftar Bib Gourmand, rekomendasi makanan enak berharga terjangkau versi Michelin Guide.

Slurpp! Ramen Rekomendasi Michelin Guide Ini Harganya Rp 129.000 SajaFoto: Istimewa

Dikutip dari Sora News 24 (30/10), reporter mereka mampir mencicip kelezatan ramen di sini. Mereka mendatangi cabang Kagari di Sapporo yang berlokasi di kompleks perbelanjaan bernama Sitatte Sapporo.

Menu bernama Soba in White Chicken Broth dibanderol 1.000 yen atau sekitar Rp 129.000 per mangkuk. Menu ini diracik sekitar 15 menit. Meski namanya 'white' tampilan kuah ramen ternyata tak sepenuhnya putih. Justru terlihat creamy dengan warna kuning yang cerah.

Slurpp! Ramen Rekomendasi Michelin Guide Ini Harganya Rp 129.000 SajaFoto: Istimewa

Baca Juga: Tsuta Jadi Resto Ramen Pertama yang Dapat Bintang Michelin

Yang juga unik adalah topping ramen. Di atas ramen terlihat baby corn panggang, irisan lobak putih, kentang, dan alpukat. Kagari meletakkan satu per satu topping dengan susunan yang cantik.

Slurpp! Kuah kaldu ramen terasa begitu 'kaya' dan agak berminyak. Kabarnya ada paduan rasa kaldu ayam dan ikan. Terbilang unik untuk kuah ramen di Jepang.

Sementara mie atau ramennya direbus dengan tingkat kematangan yang pas. Teksturnya al dente sehingga sangat enak ketika dipadukan dengan ragam topping premium seperti irisan daging ayam yang sangat empuk dan penuh rasa karena dibumbui.

Slurpp! Ramen Rekomendasi Michelin Guide Ini Harganya Rp 129.000 SajaFoto: Istimewa

Kagari juga menyediakan pendamping ramen berupa bawang goreng dan parutan jahe. Dua pelengkap ini enak diaduk bersama kuah ramen yang creamy. Konon menghadirkan dimensi rasa gurih lain yang membuat rasa ramen lebih enak.

Reporter Sora News 24 bahkan mengatakan Soba in White Chicken Broth ini merupakan salah satu ramen terenak yang ia pernah makan di Jepang. Terutama soal kuah kaldunya yang creamy keemasan. Slurpp!

Slurpp! Ramen Rekomendasi Michelin Guide Ini Harganya Rp 129.000 SajaFoto: Istimewa

Sebelumnya ada Tsuta, Nakiryu, dan Tonjinchi, gerai ramen yang direkomendasikan Michelin Guide di Tokyo. Tonjinchi, misalnya, kerap kali diantre pembeli. Bahkan di depan restoran bisa terlihat antrean panjang pengunjung yang menunggu giliran masuk.

Menu andalan Tonjinchi berupa Himi Niboshi Ramen. Berupa ramen dengan kaldu dari sarden yang berwarna kecokelatan. Citarasanya disebut-sebut sangat ringan dan segar, tanpa terdeteksi bau ikan tajam.

Baca Juga: Tonjinchi, Restoran Ramen Ketiga di Jepang yang Raih Status Bib Gourmand Michelin


Simak Video "Ciri Khas Es Campur Sinar Garut yang Asli"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)