Olahan Bebek Maknyus

Dari Amerika Utara, Bebek Jadi Hidangan Populer dan Favorit di Indonesia

Sonia Basoni - detikFood Senin, 28 Okt 2019 18:20 WIB
Foto: Istimewa/Instagram
FOKUS BERITA Olahan Bebek Maknyus
Jakarta - Bebek, unggas asal Amerika Utara kini populer di dunia termasuk Indonesia. Olahan bebek goreng hingga aneka gulai membuat bebek makin hits.

Di tengah tren olahan ayam yang tengah digandrungi banyak orang, bebek juga tetap populer, dan bersaing dengan olahan ayam kekinian. Sama-sama spesies unggas, bebek dan ayam punya karakteristik rasa dan tekstur yang berbeda. Namun keduanya punya beragam olahan yang enak.

Baca Juga: Mantul! Pedas Gurih Nasi Bebek Madura Ada di 5 Warung Ini
Dari Amerika Utara, Bebek Jadi Hidangan Populer dan Favorit di IndonesiaFoto: iStock

Sudah ada sejak ratusan tahun lalu, itik atau lebih dikenal sebagai bebek dalam bahasa Jawa ini, bukan hewan asli Indonesia. Melainkan berasal dari Amerika Utara, dengan nama latin Anas Moscha atau itik liar. Itik liar ini kemudian berkembang menjadi hewan yang dipelihara manusia, kemudian lahirlah itik jenis ternak atau Anas domesticus.

Jenis itik ternak ini sangat banyak dan beragam, salah satunya ada entog yaitu itik manila, yang diternak khusus untuk diambil daging dan telurnya. Ada juga bebek peking, bebek Bali, bebek Magelang, hingga bebek Mojosari yang banyak diternak.

Banyaknya jenis bebek yang ada, membuat Indonesia kaya akan kuliner dari olahan daging bebek. Paling populer tentunya adalah bebek goreng, atau begor. Hampir setiap daerah punya racikan bumbu begor masing-masing. Seperti begor khas Surabaya dengan sambal yang pedas nendang.
Dari Amerika Utara, Bebek Jadi Hidangan Populer dan Favorit di IndonesiaFoto: iStock


Kemudian ada begor Madura yang disiram dengan bumbu spesial, ada juga begor dari Bali yang disajikan dengan urap dan dua cocolan sambal berbeda. Selain begor, bebek pun diolah jadi gulai atau makanan berkuah yang kaya rempah dan memanjakan selera.

Seperti orang Minang, yang punya menu Itiak Lado Mudo, hingga Rendang Itiak. Kemudian Bengkulu punya bebek hitam dengan nama Kapahiang, ada juga Pedesan Entog dari Indramayu, Bihun Bebek dari Medan, hingga Mie Entog dari Banjar.

Tak hanya enak saja, hidangan bebek ini seringkali syarat akan kekayaan warisan dan kuliner leluhur yang sudah ada sejak dulu. Contohnya seperti Gulai Talang Bebek dari Jambi, yang jadi tradisi masakan warisan kuliner dari nenek moyang. Kemudian ada juga Bebek Timbungan, kuliner tertua dan jadi sajian khas para Raja di Bali.
Dari Amerika Utara, Bebek Jadi Hidangan Populer dan Favorit di IndonesiaFoto: iStock

Di ulasan khusus kali ini detikFood akan membahas lebih dalam tentang seluk beluk kuliner bebek khas Indonesia, dari berbagai daerah. Dilengkapi dengan rekomendasi tempat makan bebek enak di beberapa kota, cara membedekan bebek Madura dan Surabaya, hingga momen seru para politisi hingga seleb yang hobi makan bebek. Untuk tahu informasi lengkapnya, simak terus detikFood ya!

Baca Juga: Makan Kenyang dengan Bebek Goreng Gurih dan Sambal Enak di Sini




Simak Video "Bikin Laper: Aneka Olahan Bebek Pedas di Jakarta Selatan"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)
FOKUS BERITA Olahan Bebek Maknyus