Kamu Perlu Tahu! Ini 5 Kuliner Khas Daerah Asal Organisasi Sumpah Pemuda

Riska Fitria - detikFood Senin, 28 Okt 2019 16:30 WIB
Halaman 2 dari 6
Foto : Diahdidi.com

1. Jong Java

Jong Java merupakan organisasi pemuda yang didirikan oleh Satiman Wirjosandjojo. Kata 'Java' memiliki arti 'Jawa' yang digunakan untuk mendeskripsikan bahwa organisasi pemuda pada Sumpah Pemuda ini berasal dari tanah Jawa. Soal kuliner, daerah Jawa adalah rajanya karena di sana terdapat banyak kuliner khas yang kepopulerannya sampai di kenal hingga luar daerah Jawa.

Mulai dari olahan nasi, olahan daging, makanan yang berkuah, jajanan ringan dan masih banyak lagi. Saking banyaknya kuliner khas Jawa, masih ada beberapa kuliner yang belum diketahui orang banyak. Kuliner tersebut bernama Pipis Kopyor. Jika dilihat dari namanya, pasti banyak yang beranggapan bahwa kuliner khas tersebut terbuat dari air urin. Namun, jangan salah Pipis Kopyor merupakan kue yang terbuat dari kelapa.

Kata 'pipis' memiliki arti melumatkan, sedangkan 'kopyor' merujuk pada kelapa kopyor. Pipis Kopyor dibuat dari bahan-bahan seperti roti tawar, kelapa dan santan kental. Jajanan khas ini dimasak dengan cara dikukus selama kurang lebih 20 menit. Dalam penyajiannya Pipis Kopyor memiliki dua varian, yaitu varian padat tanpa kuah santan dan varian lunak dengan kuah santan. Dua varian tersebut sama-sama terasa manis dan gurih.

(raf/odi)