Resep Orak-arik Telur Jamur yang Gurih dan Praktis Buat Sarapan

Odilia Winneke Setiawati - detikFood Selasa, 29 Okt 2019 05:30 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Bosan dengan telur dadar dan telur goreng? Cobalah racik telur dengan paduan jamur jadi Orak-Arik Telur Jamur yang gurih enak.

Olahan telur seperti telur dadar, telur goreng dan orak-arik selalu jadi favorit saat sarapan. Ini karena rasa telur yang gurih enak. Selain itu telur juga mengandung sejumlah protein, mineral dan vitamin yang baik dikonsumsi pertama kali di pagi hari karena mudah dicerna.

Untuk menambah asupan nutrisi, padukan olahan telur dengan sayuran atau daging olahan. Sayuran yang biasa dipadukan adalah brokoli, bayam dan jamur. Karena ketiga sayuran tersebut mudah diolah dan rasanya enak.

Jamur bisa jadi pilihan yang cocok buat orak-ari telur. Karena jamur memiliki kandungan mineral, vitamin dan serat serta memberikan rasa umami pada orak-arik telur. Jamur yang berdaging tebal seperti jamur kancing atau jamur shitake sangat cocok dipadukan dengan telur.

Selanjutnya untuk membuat Orak-arik Telur dan Jamur yang enak, ikuti langkah-langkah pembuatannya berikut ini.


Resep Orak-arik  Telur Jamur yang Gurih dan Praktis Buat SarapanFoto: iStock


1. Tumis Jamur

Siapkan 4 buah jamur kancing segar, iris melintang tipis dan 1/2 sdm bawang bombay cincang halus. Kemudian panaskan 1 sdm mentega dalam wajan datar. Masukkan irisan jamur dan aduk-aduk dengan api sedang hingga jamur layu, kecokelatan dan susut. Jamur harus berwarna cokelat gelap dan menyusut.

2. Tambahkan Telur

Kocok 2 butir telur hingga berbuih halus. Tuangkan ke dalam jamur tumis, kecilkan api. Biarkan beberapa saat hingga mulai beku. Aduk-aduk cepat hingga bergumpal kasar. Matikan api. Jangan memakai api terlalu besar karena panas tinggu akan membuat orak-arik cepat kering dan mudah gosong.

Resep Orak-arik  Telur Jamur yang Gurih dan Praktis Buat SarapanFoto: iStock


3. Beri Bumbu

Bumbui orak-arik yelur dan jamur dengan merica dan garam secukupnya. taburi dengan cincangan daun bawang. Sajikan hangat dengan nasi, kentang rebus atau roti panggang.



Simak Video "Ikan Ayu Bakar Khas Jepang yang Mulai Langka"
[Gambas:Video 20detik]
(odi/odi)