Taruh Kepiting Hidup di Mesin Capit Boneka, Restoran Seafood Ini Dikritik

Sonia Basoni - detikFood Senin, 28 Okt 2019 11:00 WIB
Foto: Istimewa
Jakarta - Mesin capit boneka, biasanya digunakan di area permainan anak-anak untuk menaruh boneka. Tapi di restoran ini justru dipakai untuk kepiting hidup.

Disebut sebagai claw machines, mesin capit untuk boneka, mainan, gantungan kunci, beralih fungsi menjadi tempat untuk menaruh kepiting hidup. Dikabarkan Asia One (26/10), restoran seafood di wilayah Punggol, Singapura, menuai kritik dan komentar dari netizen.

Baca Juga: Dijamin Ketagihan! Pencinta Kepiting Harus Coba Kepiting di 5 Tempat Ini
Taruh Kepiting Hidup di Mesin Capit Boneka, Restoran Seafood Ini DikritikFoto: Istimewa

Bukan tanpa alasan, restoran House of Seafood ini mendapatkan kritik. Awalnya, mereka mengunggah video di Facebook berisi mesin capit di dalam restoran mereka, tempat para pengunjung bisa bermain untuk berusaha mengambil kepiting hidup di dalamnya.

Jika pengunjung berhasil mendapatkan kepiting dari mesin capit itu, kepiting itu akan langsung dimasak dan disajikan kepada para pengunjung. Hanya dengan biaya $5 SGD (Rp 51,468) untuk sekali main, ada lebih dari puluhan kepiting hidup asal Sri Lanka di dalam mesin itu.

Cara bermainnya cukup gampang, jika pengunjung berhasil menangkap kepiting tersebut. Pihak restoran akan menggratiskan menu kepiting tersebut, dengan pilihan saus chilli crab, salted egg crab, atau black pepper crab.
Taruh Kepiting Hidup di Mesin Capit Boneka, Restoran Seafood Ini DikritikFoto: Istimewa

Awalnya video ini tak terlalu viral, tapi setelah ada salah satu media lokal yang menyebarkannya, baru mendapatkan kritik dari netizen. Hingga saat ini video berisi para pengunjung yang tengah bermain mesin kepiting itu, dibagikan lebih dari 4,400 kali.

Banyak netizen yang kritik bahwa praktik mesin kepiting ini cukup kejam, karena menyiksa para kepiting yang masih hidup di dalam sana. Para kumpulan pecinta hewan bernama SPCA juga dengan terang-terangan, menentang keras praktis mesin kepiting ini di restoran tersebut.
Taruh Kepiting Hidup di Mesin Capit Boneka, Restoran Seafood Ini DikritikFoto: Istimewa

"Permainan mesin kepiting ini sangat tidak diperlukan, dan menimbulkan efek samping hewan. Serta membuat orang menganggap bahwa hewan tak lebih sebagai objek permainan, dan bertentangan dengan visi misi kita," tulis SPCA.

Sementara menurut pemilik restoran House of Seafood, Francis Ng, mengatakan bahwa mesin kepiting ini dibuat untuk memperkenalkan kepiting kepada pengunjung anak-anak. Pihak restoran juga memastikan bahwa bagian dalam mesin itu layak untuk ditaruh kepiting hidup.

Baca Juga: Selain Kepiting, Ada Miso Salmon dan Dirty Rice di Resto Ini


(sob/odi)