Mau Jajan di Pesta Gudeg? Ini 5 Tips Agar Bisa Makan dengan Nyaman

Riska Fitria - detikFood Jumat, 25 Okt 2019 15:30 WIB
Foto: dok. detikFood
Jakarta - Bagi pecinta gudeg jangan lupa mampir ke Pesta Gudeg yang sedang berlangsung di salah satu mall ternama di Jakarta. Supaya tak kalang kabut, perhatikan dulu tips-tips ini.

Pesta Gudeg masuk ke dalam rangkaian Festival Kuliner Manis Indonesia yang diadakan di sepanjang Skywalk Utara lantai 2, Pondok Indah Mall Jakarta Selatan. Pesta Gudeg tersebut sudah berlangsung sejak 22 Oktober hingga 27 Oktober mendatang.

Di sana akan tersedia belasan tenant Gudeg yang menyajikan Gudeg khas Jogja dan Solo. Meski sama-sama Gudeg, tetapi antara Gudeg Jogja dan Solo punya perbedaan, karenanya ketahui dulu sebelum mengunjungi Pesta Gudeg tersebut.

Selain jenis Gudeg ini 5 tips yang perlu diperhatikan sebelum mengunjungi Pesta Gudeg

1. Buat Daftar Tenant Apa Saja yang Akan Dikunjungi
Mau Jajan di Pesta Gudeg? Ini  5 Tips Agar Bisa Makan dengan NyamanFoto: dok. detikFood

Sejak pertama kali dibuka pada 22 Oktober lalu, Pesta Gudeg selalu berlangsung dengan meriah. Itu karena di sana terdapat belasan tenang Gudeg yang sangat populer dan legendaris. Mulai dari Gudeg Djuminten, Yu Djum, Pejompongan, Pak Atmo, Wijilan, Bu Dibyo, Mercon, Malioboro, Sagan dan masih banyak lagi.

Varian Gudeg yang akan disajikan ada berbagai jenis. Ada Gudeg khas Jogja dan Gudeg khas Solo yang masing-masing memiliki ciri khas tersendiri. Gudeg Jogja memiliki warna yang lebih merah karena proses pembuatan nangkanya dicampur dengan daun jati. Sementara Gudeg Solo memiliki warna yang tidak terlalu pekat dan kuahnya yang cenderung nyemek. Kamu bisa memilih sesuai selera.

Selain Gudeg, di sana juga tersedia aneka kuliner lainnya yang memiliki citarasa manis. Seperti es pleret gempol, es dawet ireng, dan aneka camilan lainnya.

2. Datang Lebih Awal
Mau Jajan di Pesta Gudeg? Ini  5 Tips Agar Bisa Makan dengan NyamanFoto: dok. detikFood

Pesta Gudeg mulai di buka pada pukul 10.00 - 22.00. Melihat antusiasme dari penggemar Gudeg sangat tinggi membuat tenant-tenant tersebut dipenuhi dengan antrean panjang. Ditambah lagi lokasinya sempit. Oleh karena itu disarankan untuk datang lebih awal agar kamu bisa mendapat urutan antrean di awal.

Selain itu juga bisa kebagian tempat duduk di Pesta Gudeg tersebut. Lokasi Skywalk Utara yang digunakan untuk Pesta Gudeg ini dinilai terlalu sempit, sehingga tak banyak bangku-bangku dan meja yang disediakan oleh pengunjung di sana.

Baca Juga : Gudeg hingga Kopi Klotok, 5 Menu Sarapan Legendaris di Jogja

3. Siapkan Kartu Debit
Mau Jajan di Pesta Gudeg? Ini  5 Tips Agar Bisa Makan dengan NyamanFoto: dok. detikFood

Sistem pembayaran yang diusung pada Pesta Gudeg tersebut menggunakan kartu debit. Hal tersebut untuk memudahkan proses transaksi dan meminimalisir sulitnya menemukan kembalian. Namun, di sana juga terdapat kasir yang akan membantu proses pembayaran tunai agar.

Kasir yang tersedia hanya satu booth saja, sehingga terkesan merepotkan jika harus bolak-balik antara ke tenant dan ke kasir. Oleh sebab itu siapkan kartu debit untuk proses transaksi lebih mudah dan praktis.

4. Jangan Datang Sendiri
Mau Jajan di Pesta Gudeg? Ini  5 Tips Agar Bisa Makan dengan NyamanFoto: dok. detikFood

Perlu diingatkan kembali bahwa antusiasme penggemar Gudeg terhadap Pesta Gudeg ini sangat tinggi, sehingga membuat tenant-tenant gudeg dipenuhi antrean. Dengan membawa teman, kamu dapat membagi tugas agar dapat memotong waktu, sehingga tidak berlama-lama ketika mengantre.

Misalnya, kamu memiliki beberapa list tenant untuk dikunjungi, kamu dan teman-teman kamu dapat membagi tugas untuk masing-masing mengantri di tenant yang berbeda. Cara tersebut dijamin dapat menyingkat waktu sehingga tidak terjebak dalam antrean yang panjang.

5. Sabar
Mau Jajan di Pesta Gudeg? Ini  5 Tips Agar Bisa Makan dengan NyamanFoto: dok. detikFood

Sabar adalah tips yang perlu diterapkan sehari-hari. Termasuk ketika mengunjungi sebuah acara festival yang mana akan ada banyak orang yang berkumpul di satu tempat. Dilihat dari para pengunjung yang menghadiri Pesta Gudeg, kebanyakan adalah ibu-ibu dan bapak-bapak yang sudah cukup umur.

Panjangnya antrean di setiap tenant tak jarang membuat pengunjung menjadi lelah dan tak sabaran. Apalagi ketika pengunjung berusaha mendapatkan urutan antrean pertama. Untuk itu usahakan jangan sampai terpancing emosi.

Baca Juga : Gudeg Komplet Gurih Manis Bisa Dicicip di 5 Tempat Ini

Simak Video "Unik! Ketika Pizza Bertemu Gudeg"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)