Kuliner Legendaris Indonesia

Gudeg hingga Kopi Klotok, 5 Menu Sarapan Legendaris di Jogja

Devi Setya - detikFood Jumat, 16 Agu 2019 05:30 WIB
Foto: Lusiana/detikfood Foto: Lusiana/detikfood
Jakarta - Yogyakarta memang surganya kuliner tradisional dan legendaris. Aneka sarapan nikmat siap memanjakan bikin semangat pagi hari.

Kurang lengkap ke Yogya tanpa cicip nasi gudeg, tapi kalau suka makanan berkuah wajib coba soto bathok, belum lagi secangkir kopi klotok yang juga tak kalah nikmat. Semua menu ini siap mengisi perut pagi-pagi.

1. Gudeg Mbah Lindu
Gudeg hingga Kopi Klotok, 5 Menu Sarapan Legendaris di JogjaFoto: Lusiana/detikfood

Lapak gudeg yang ada di Jalan Sosrowijayan ini tak pernah sepi setiap pagi. Gudeg legendari berusia lebih dari 70 tahun ini selalu diminati pemburu kuliner enak.

Gudeg komplit dengan krecek, bacem, opor ayam hingga pindang telur ayam bisa dinikmati dengan nasi maupun bubur nasi. Racikan bumbu mlekoh khas gudeg Mbah Lindu bisa dinikmati sejak pukul 05.00 pagi. Pastikan datang lebih awal agar tak kehabisan.

Baca juga : Ini 5 Tempat Makan Ikonik Di Jogja yang Wajib Disinggahi

2. Soto Batok Mbah Karto
Gudeg hingga Kopi Klotok, 5 Menu Sarapan Legendaris di JogjaFoto: Istimewa

Sebelum berkunjung ke Candi Sambisari, cobalah mampir dahulu ke kedai Soto Bathok Mbah Katro. Soto dengan kuah gurih ini disajikan menggunakan wadah batok kelapa.

Sambil makan soto hangat, mata akan dimanjakan pemandangan sawah yang terhampar luas. Udara sejuk juga siap menemani pagi Anda. Tempat makan soto ini sudah siap sejak pukul 06.00 pagi lho. Sluuurp!

3. Warung Kopi Klotok
Gudeg hingga Kopi Klotok, 5 Menu Sarapan Legendaris di JogjaFoto: detikFood

Terbiasa ngopi pagi-pagi? Jangan lewatkan segelas kopi klotok hangat dengan aroma harum nikmat. Sambil ngopi paling enak ngemil pisang goreng kampung dengan balutan adonan tepung yang renyah.

Warung kopi ini buka pukul 06.00 pagi. Bukan hanya sajiannya yang istimewa tapi juga area tempat makan yang juga siap memanjakan mata. Kursi rotan siap jadi tempat santai pagi sebelum beraktifitas.

4. Lotek Teteg
Gudeg hingga Kopi Klotok, 5 Menu Sarapan Legendaris di JogjaFoto: Instagram

Nama teteg berasal dari bahasa Jawa yang artinya pagar. Nama ini disematkan karena lokasi jualannya dekat pagar rel kereta api Lempuyangan, Yogyakarta.

Lotek ini sudah siap dipesan sejak pukul 06.00pagi. Racikan bayam, kacang panjang, tauge dan aneka gorengan terasa nikmat dalam baluran bumbu kacang yang legit. Kalau mau makin puas bisa tambah lontong sebagai pelengkap.

Baca juga : Menjelajah Jogja dengan Mencicip 8 Jajanan Kaki Lima yang Populer dan Murah Meriah

5. Warung Brongkos Handayani
Gudeg hingga Kopi Klotok, 5 Menu Sarapan Legendaris di JogjaFoto: detikfood

Kedai brongkos ini sudah ada sejak tahun 1975. Sekilas brongkos ini terlihat mirip rawon namun dengan tambahan santan. Brongkos semakin gurih karena ditambahkan tetelan sapi.

Nasi brongkos ini juga bisa disantap dengan pelengkap seperti telur asin, tempe bacem, tempe koro hingga keripik tempe. Tergoda sarapan dengan menu ini? Langsung saja datang ke kawasan Alun-alun Kidul Yogya sebelum pukul 06.00.

Simak Video "Menipu Mata, Ternyata Hot Dog Ini Adalah Mie Ayam!"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)