Tenggorokan Robek hingga Nyawa Melayang, Kisah Tragis Usai Makan Pedas

Sonia Basoni - detikFood Selasa, 22 Okt 2019 17:00 WIB
Halaman 2 dari 6
Foto: Istimewa

Ghost pepper merupakan salah satu cabai terpedas di dunia, dengan sengatan pedas dua kali lebih dahsyat dari cabai habanero. Tak heran, ghost pepper ini bisa menimbulkan masalah yang serius pada tubuh, khususnya tenggorokan yang mencerna cabai 'setan' ini.

Menurut laporan medis dai The Journal of Emergency Medicine, yang diterbitkan pada tahun 2016. Seorang pasien pria berusia 47 tahun, dari California, harus dilarikan ke rumah sakit setelah menyantap hamburger dengan saus ghost pepper yang super pedas. Meski ia sudah membasuhnya dengan enam gelas air putih, tapi ia masih merasakan sakit dan ngilu di bagian tenggorokannya.

Setelah diperiksa lewat CT scan, para dokter menemukan adanya robekan sebesar 2,5 cm di bagian tenggorokannya. Hal ini dikarenakan pria itu sebelumnya berusaha untuk memuntahkan makanan tersebut, karena rasa pedas yang tak kunjung padas. Untuknya robekan ini tak fatal, sehingga nyawa pria itu masih bisa diselamatkan. Walau harus melalui perawatan khusus sealam 20 hari.

(sob/odi)