Remaja 19 Tahun Ini Miliki Perkebunan Labu Terbesar di Inggris

Yenny Mustika Sari - detikFood Senin, 21 Okt 2019 11:00 WIB
Foto: Istimewa
Jakarta -
Perkebunan labu terbesar di Inggris ternyata dimiliki oleh remaja berusia 19 tahun. Ia sudah mulai menanam labu sejak usia 13.
James Maxey, pria berusia 19 tahun ini memiliki perkebunan labu terbesar di Inggris. Remaja ini memulai usaha perkebunan labu sejak masih berusia 13 tahun. Saat itu berkebun adalah hobinya.
Dilansir dari Metro (16/10), James juga bercerita kalau hobinya ini ia tekuni awalnya hanya untuk mendapatkan uang saku tambahan. Bahkan James tidak menyukai buah berwarna oranye ini. Ia sempat mencoba labu, namun James tetap tak menyukainya.

Remaja 19 Tahun Ini Miliki Perkebunan Labu Terbesar di InggrisFoto: Istimewa
Sekarang perkebunan labu ini ia kelola bersama kedua orang tuanya, dan menjadi perkebunan terbesar di Inggris. Saat ini Maxey's Farm (nama perkebunannya) sudah memiliki 35 orang staf. Perkebunan labu ini dibuka setiap hari, jika sudah mendekati Halloween perkebunan James akan buka mulai pukul 9 pagi hingga 5 sore.
Pelanggan dapat mengambil labu sebanyak yang mereka suka dan membayar tergantung pada ukuran buahnya, dengan harga mulai dari £2 atau sekitar 31 ribu rupiah untuk ukuran yang lebih kecil, hingga £10 atau sekitar 157 ribu rupiah untuk yang terbesar.
Setiap tahun James dan keluarganya harus menanam lebih banyak labu untuk memenuhi permintaan, karena pada tahun-tahun sebelumnya perkebunan Maxey's Farm telah begitu terkenal sehingga mereka kehabisan stok labu sebelum Halloween. Saat James memulai usahanya ini, ia hanya menanam labu yang cukup untuk dijual kepada teman dan keluarganya.
Lalu 7 tahun kemudian, James dapat memanen 25.000 buah labu setiap musim gugur. James menanam ribuan labu dalam setahun. Kali ini mereka menanam banyak hingga semua orang dapat membuat lampu khas halloween dari buah labu.

Remaja 19 Tahun Ini Miliki Perkebunan Labu Terbesar di InggrisFoto: Istimewa
Bisnis ini sangat sukses sehingga James meninggalkan sekolah pada usia 16 tahun. Ia mengatakan, "Saya mulai ketika saya berusia 13 tahun di sebelah toko pertanian dengan lahan setengah hektar dan mulai menanam sekitar 200 labu di dalamnya. Yang saya jual kepada teman-teman sekolah saya."
Memulai dengan hanya lahan setengah hektar, kini perkebunan James sudah mencapai luas 5-6 hektar. Dan menghasilkan puluhan ribu buah labu setiap tahunnya.




Simak Video "Battle 3 Bebek Goreng Surabaya, Mana Paling Lezat?"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/odi)