Cara Membuat Kentang Goreng Renyah Gurih ala Resto Fast Food

Yenny Mustika Sari - detikFood Sabtu, 19 Okt 2019 11:00 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Cara membuat kentang goreng renyah dan gurih tidak sulit. Ada beberapa tips untuk menghasilkan kentang goreng renyah dan gurih seperti buatan resto fast food.

Cara membuat kentang goreng ala resto cepat saji terlihat mudah dan praktis. Jika dibayangkan mungkin tinggal memotong kentang secara memanjang, lalu digoreng, dan terakhir diberi bumbu. Namun tak semudah membayangkannya. Nyatanya ada beberapa hal yang harus dilakukan jika ingin membuat kentang goreng renyah dan gurih.

Kentang goreng ala fast food adalah camilan yang dicintai setiap orang. Karena kentang goreng gurih dan tekstur yang garing di luar, tapi saat digigit kentang goreng begitu lembut.

Cara Membuat Kentang Goreng Renyah Gurih ala Resto Fast FoodFoto: iStock

Dirangkum dari Mashed (18/10), berikut cara membuat kentang goreng renyah dan gurih seperti buatan restoran cepat saji.

Baca Juga: Peneliti Beberkan Rahasia Bikin Kentang Goreng Enak

Cara Membuat Kentang Goreng Renyah Gurih ala Resto Fast FoodFoto: iStock

1. Gunakan peralatan yang tepat
Cara membuat kentang goreng renyah gurih yang pertama adalah gunakan deep fryer untuk menggorengnya. Bisa saja menggunakan wajan atau panci seperti biasa, namun dapat dipastikan hasilnya tidak sempurna seperti jika Anda menggunakan deep fryer yang berisi banyak minyak.

Deep fryer adalah alat yang dirancang khusus untuk memanaskan minyak ke suhu yang tepat. Ada versi table-top yang ditujukan untuk koki rumahan dan ada juga deep fryer yang dirancang untuk profesional.

Deep fryer yang pro dirancang untuk penggunaan tugas berat, mempertahankan minyak goreng pada suhu yang tepat selama berjam-jam. Banyak dari deep fryer yang terhubung langsung ke saluran gas juga. Itu memungkinkan restoran memulihkan suhu lebih cepat dibanding jika memakai sumber panas listrik.

2. Jangan gunakan minyak baru
Ternyata minyak baru tidak dapat menggoreng kentang goreng Anda dengan sempurna. Jadi pastikan minyak lama namun masih tetap bening. Karena paparan panas pada minyak yang sudah pernah dipakai sebelumnya itu dapat membantu dalam proses pembuatan kentang agar lebih renyah.

Namun tidak berarti minyak lama itu baik dikonsumsi secara terus menerus. Karena titik asap pada minyak lama akan semakin panas, dan bisa membuat rasa dari kentang goreng semakin tidak enak. Penting juga untuk menyaring minyak lama agar sisa kotoran pada minyak terangkat dan tidak mengotori kentang goreng.

Cara Membuat Kentang Goreng Renyah Gurih ala Resto Fast FoodFoto: iStock

3. Gunakan temperatur yang benar
Cara membuat kentang goreng selanjutnya adalah menggunakan temperatur yang tepat. Karena suhu panas pada minyak akan bergantung pada kentang goreng yang dihasilkan. Suhu pada minyak goreng akan berdampak pada kerenyahan di setiap potong kentang goreng yang Anda buat.

Atur suhu mulai dari 162 - 204C pada deep fryer yang Anda gunakan untuk hasil kentang goreng yang renyah nikmat. Dan tekstur lembut di dalamnya membuat Anda tidak berhenti untuk mengunyahnya.

4. Goreng kentang sebanyak 2 kali
Jangan hanya goreng kentang Anda sekali, karena itu adalah kesalahan. Kentang goreng ala resto cepat saji akan lebih sempurna jika digoreng sebanyak 2 kali. Kentang mulai digoreng sekitar 190 C selama sekitar satu menit.

Ketika kentang mulai berubah menjadi cokelat keemasan, kentang tersebut ditiriskan dan didinginkan selama 10-15 menit. Proses pertama ini akan memasak bagian dalam kentang goreng dan secara bersamaan menciptakan lapisan bagian luar.

Setelah kentang didinginkan, dilakukan penggorengan kedua dengan suhu yang sama sekitar 190 C, hingga kentang goreng renyah dan berwarna cokelat keemasan. Sesi penggorengan kedua ini membutuhkan waktu lebih lama sekitar 4-5 menit dan menghasilkan keseimbangan sempurna antara tekstur yang lembut namun renyah.

5. Bekukan kentang terlebih dahulu
Lebih baik bekukan kentang terlebih dahulu sebelum digoreng. Jadi, jangan hanya langsung memotong kentang Anda lalu menggorengnya. Hal ini dilakukan demi konsistensi.

Baca Juga: 7 Varian Kentang Goreng Enak dari Spanyol hingga Vietnam

Kentang baru penuh dengan gula. Seiring bertambahnya usia kentang, gula-gula tersebut dikonversi menjadi pati. Apa artinya itu untuk kentang goreng? Kentang akan digoreng dengan cara yang berbeda selama waktu yang berbeda dalam setahun, jadi mengeringkan dan membekukannya memastikan mereka mempertahankan tingkat pati yang sempurna.

6. Gunakan kentang jenis russet
Cara membuat kentang goreng renyah dan gurih adalah menggunakan jenis kentang yang tepat. Di luar perbedaan warna dan ukuran, kentang diklasifikasikan lilin atau bertepung. Jika mengandung banyak air, itu dianggap kentang lilin, dan cenderung tahan bentuknya saat dimasak.

Anda mungkin telah memperhatikan bahwa sebagian besar resep untuk sesuatu seperti salad kentang akan memerlukan kentang berlilin (seperti kentang merah) karena alasan ini. Sayangnya, kentang ini tidak cocok untuk menggoreng dan menjadi lembek dan lemas karena tidak mengandung cukup tepung untuk renyah.

Sebagian besar restoran cepat saji menggunakan kentang russet (juga dikenal sebagai kentang Burbank atau Idaho) karena mereka memiliki kandungan pati tertinggi. Butiran pati mereka juga lebih panjang dari kebanyakan kentang, memungkinkan mereka untuk memasak lebih cepat dan menyerap lebih sedikit minyak dan menjadikan kentang goreng Anda renyah.

Simak Video "Resep Ayam Geprak"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/adr)