Terbesar di Dunia! Alpukat Jumbo Ini Beratnya 2,5 Kg

Yenny Mustika Sari - detikFood Rabu, 16 Okt 2019 13:59 WIB
Foto: Istimewa
Jakarta - Kalau alpukat biasa hanya seukuran tangan, alpukat jumbo ini berbeda. Bobotnya berhasil pecahkan rekor dunia dengan berat mencapai 2,5 kilo gram (kg)!

Sebelumnya terdapat alpukat asal Hawaii yang memecahkan rekor dunia sebagai alpukat terbesar dengan berat 5.5 pounds (2,49 kg). Namun rekor tersebut berhasil diambil alih oleh keluarga Pokini yang tinggal di Kula, Hawaii. Mereka berhasil panen alpukat dengan berat 5.6 pounds (2,54 kg) pada Desember lalu.

Tidak ada yang spesial dari proses penanaman yang dilakukan oleh keluarga Pokini. Seperti dilansir dari Food and Wine (14/10), keluarga Pokini mengaku jika mereka menanam alpukat itu seperti biasa. Benihnya ia dapatkan dari kerabat terdekata. Ia menanamnya di pot dan hampir saja mati karena anaknya yang pernah menarik tanaman tersebut hingga keluar 2 kali.

Terbesar di Dunia! Alpukat Jumbo Ini Beratnya 2,5 KgFoto: Istimewa

Baca Juga: Begini Tampilan Avozilla, Alpukat Raksasa Seberat 1,7 Kg Per Buahnya

Jualine Pokini mengatakan, "Saat masih berada di pot tanaman, anak saya menariknya keluar dua kali. Kami tidak berpikir bahwa itu akan bertahan, tapi ternyata itu tetap hidup," Juliane menambahkan, "Saat menanamnya di tanah, kami tidak melakukan apapun kecuali beberapa pemangkasan."

Bagian tersulitnya saat pengambilan gambar ukuran alpukat tersebut untuk melakukan pengajuan sertifikasi ke Guiness World Record. Namun setelah itu disetujui, barulah keluarga Pokini membuka dan mengolah alpukat tersebut. Alpukat tersebut diolah menjadi guacamole

Guacamole adalah saus khas Meksiko yang bahan dasarnya terbuat dari alpukat dengan campuran air lemon dan garam. Biasanya guacamole ini dijadikan saus celup untuk dimakan bersama nacos atau hidangan lainnya.

Baca Juga: Guacamole Saus Alpukat Mexico

Terbesar di Dunia! Alpukat Jumbo Ini Beratnya 2,5 KgFoto: Istimewa
Juliane mengatakan, "Kami membuka dan membuat guacamole dengan jumlah besar, dan membaginya kepada keluarga dan teman-teman." Ia juga menambahkan, "Alpukat itu memberi makan banyak orang, secara keseluruhan alpukat besar itu bisa membuat guacamole sebanyak 20 porsi."

Namun ternyata keluarga Pokini masih memiliki pohon alpukat yang sedang ia tunggu untuk panen pada bulan Desember ini. Ia mengharapkan lagi alpukat yang lebih besar dari alpukat yang sudah memecahkan rekor ini.


Simak Video "Sensasi Ngopi dan Liwetan dengan Suasana Pegunungan Asri"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/adr)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com