ADVERTISEMENT

11 Fakta Unik Tabasco, Saus Pedas yang Populer di Dunia

Yenny Mustika Sari - detikFood
Selasa, 15 Okt 2019 14:15 WIB
Foto: Instagram @tabasco
Jakarta - Tabasco adalah saus pedas asam yang sudah ada sejak 1868. Dengan sejarah yang sangat panjang, tabasco memiliki fakta-fakta unik.

Jika orang Indonesia punya saus sambal botolan sebagai condiment andalan, orang Barat memiliki Tabasco. Saus ini dikemas dalam botol mungil dan biasanya disajikan restoran di tiap meja. Tabasco bisa ditambahkan pada beragam hidangan dengan sensasi pedas dan asam.

Dirangkum MSN (10/01), ada 11 fakta unik Tabasco yang menarik disimak. Mulai dari sejarah sampai kegunaan lainnya.

1. Perusahaan Tabasco sudah Berdiri Selama 150 Tahun
Perusahaan yang dimiliki keluarga McIlhenny ini sudah berdiri selama 150 tahun dan saat ini sudah dipegang oleh generasi kelima. Perusahaan ini berdiri di Pulau Avery yang hanya berjarak sekitar dua jam dari New Orleans, Amerika Serikat.

Baca Juga: Saus Tabasco Rasak Unik, Tabasco Raspberry Chipotle

11 Fakta Unik Tabasco, Saus Pedas yang Populer di DuniaFoto: Instagram @tabasco

Di sinilah semua cabai merah ditanam. Racikan saus Tabasco di awetkan dan ditambahkan beberapa bahan termasuk garam. Tapi Pulau Avery ini sebenarnya bukan pulau 'sungguhan', melainkan tambang garam yang merupakan kubah tanah di atas hamparan garam batu.


Anda dapat mengunjungi penambangan, melakukan tur pabrik, dan bahkan makan di restoran yang menyajikan Cajun pedas dan hidangan klasik Selatan. Semuanya tentu dibumbui Tabasco.

2. Hanya Mengandung 3 Bahan
Resep saus Tabasco tidak mengalami perubahaan sejak 1868. Tiga bahan tersebut adalah cuka suling, cabai merah, dan garam. Garamnya diambil langsung dari Pulau Avery, cabai merahnya juga langsung dari perkebunan. Warna merah dari saus tabasco adalah warna alami.

3. Setiap Botolnya Berisi 720 Tetes Saus Pedas
Saus terkenal yang dibuat oleh Tuan McIlhenny ini sangat disukai karena rasa pedas dan pekatnya yang mampu menambah rasa untuk makanan yang hambar. Saus ini berisi 720 tetes saus pedas per botolnya. Produksi pertama saus ini adalah 628 botol dan dijual seharga satu dolar pada tahun 1800-an. Jika dikalkulasi dengan harga sekarang, harga Tabasco kala itu berkisar USD 17 atau Rp 240.000.

11 Fakta Unik Tabasco, Saus Pedas yang Populer di DuniaFoto: Instagram @tabasco

4. Dikemas dalam Botol Parfum
Dahulu tersebar rumor kalau botol yang dipakai untuk mengemas saus Tabasco adalah botol parfum. Sejak itu, perusahaan telah memperjelas bahwa botol yang digunakan untuk mengemas saus Tabacso adalah merek spankin' new.

Botol-botol itu kemudian dilengkapi dengan tutup pelindung karena banyak orang-orang yang secara tidak sengaja menuangkan terlalu banyak ke dalam makanan mereka. Akhirnya botol dilengkapi penyumbat dan tak lupa disegel.

5. Ratu Inggris Memberikan Penghargaan yang Tinggi
Pada tahun 2019, Tabasco menerima surat 'Royal Warrant' dari Ratu Elizabeth usai dirinya memutuskan saus pedas Amerika itu digunakan cukup sering di Istana Buckingham. Karenanya Tabasco dianggap pantas mendapatkan kehormatan. Ratu Elizabeth sangat menyukai kue crumpet dengan tambahan saus Tabasco.

6. Astronot dan Tentara Amerika adalah fans dari Tabasco
Tabasco dikirim bersama para astronot pada tahun 1970-an untuk memberikan bumbu dan rasa pada makanan astronot yang membosankan, makanan kering dan beku. Tabasco juga telah dimasukkan dalam MRE Angkatan Darat AS (Makanan, Makanan Siap Pakai) sejak 1980-an. Bahkan telah disajikan di Air Force One.

7. Perusahaan Menyimpan Biji Cabai di Brankas
Benih cabai terkenal ini pertama kali diperkenalkan ke Louisina pada awal 1800-an dan menjadi bahan utama dalam pembuatan saus cabai pedas Tabasco. Sudah sejak lama diceritakan bahwa McIlhenny Company mengambil benih terbaik dari hasil panen tahun ini untuk disimpan pada tahun berikutnya.

Setelah membelah biji menjadi dua bagian, setengah ditempatkan di lokasi yang dirahasiakan dan setengah lainnya disimpan di brankas terkunci di Pulau Avery.

Baca Juga: Huah! Restoran Tabasco Ini Tawarkan Makanan Serba Pedas Menggigit

8. Disimpan dalam Tong Kayu Selama 3 Tahun
Tabasco telah bertahan selama lebih dari 150 tahun. Resep asli dari Tabasco masih dijaga aman hingga sekarang. Mereka membuat Tabasco dengan menaruh cabai dan garam yang telah dihaluskan tesebut ke dalam tong kayu selama 3 tahun sebelum dikombinasikan dengan cuka suling untuk menjadi saus yang sangat terkonsentrasi yang masuk ke dalam botol.

9. Dapat Digunakan Sebagai Pembasmi Hama
Saus tabasco dapat digunakan sebagai pembasmi hama dengan cara saus tabasco dicairkan. Lalu, semprotkan ke tumbuhan yang Anda miliki untuk menghindari adanya hama.

10. Ada Drama Opera yang Terinspirasi dari Tabasco.
Dipentaskan pada tahun 1894, sukarelawan Boston memuat drama dengan nama "Burlesque Opera of Tobasco". Sebagai acara penggalangan dana, tanpa diketahui oleh Perusahaan McIlhenny.

Cerita berpusat soal chef yang tidak berhasil yang perlu menemukan bahan ajaib untuk memberikan rasa makanan dan rempah-rempah. Dan koki tersebut menemukan Tabasco sebagai 'bahan ajaib' tersebut.

11 Fakta Unik Tabasco, Saus Pedas yang Populer di DuniaFoto: Instagram @tabasco

11. Tabasco Dicintai di Seluruh Dunia
Tabasco digunakan dan didistribusikan di lebih banyak negara. Anda akan menemukannya lebih dari 195 negara dan teritori di seluruh dunia, sedangkan McDonald's hanya ditemukan di 120 negara. Saus cabai pedas yang terkenal ini hadir dalam label kemasan dengan 25 bahasa berbeda.

Simak Video "Bikin Laper: Kulineran Malam di Pontianak"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/adr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT