Belajar Otodidak, Baker Ini Kini Ahli Bikin Kue Berkonsep Ilusi Optik

Devi Setya - detikFood Minggu, 13 Okt 2019 21:00 WIB
Foto: instagram Foto: instagram
Jakarta - Jika melihat hasil karya baker ini, pastilah tidak menyangka kalau itu adalah sebuah kue. Aneka kue buatannya berhasil menipu banyak orang.

Seorang baker bernama Vencentini asal New Jersey ini terbilang masih muda. Usianya baru menginjak 23 tahun tapi karya kuliner buatannya berhasil membuat banyak orang terpukau. Kue-kue buatannya mengusung konsep ilusi optik yang mampu menipu banyak orang.

Dilansir dari Insider (13/10) Vincentini merupakan baker yang belajar membuat kue secara otodidak. Kesukaannya meracik kue sudah ditekuni sejak usia 12 tahun. "Ayah saya selalu ada di dapur, jadi saya mulai membuat kue kecil untuk makan malam hari minggu yang biasa kami lakukan," kata Vincentini. "Setelah itu, aku jatuh cinta padanya."
Belajar Otodidak, Baker Ini Kini Ahli Bikin Kue Berkonsep Ilusi Optik Foto: instagram

Baca juga : Pesan Online Kue Durian, Wanita Ini Malah Dapat Kue yang Berantakan!

Vincentini mengaku pertama kali belajar membuat kue setelah menonton acara memasak dan video YouTube. Saking sukanya membuat kue, akhirnya pria murah senyum ini mengikuti kelas membuat kue yang digelar di Carlo's Bakery di Hoboken,New Jersey.

Kemampuannya membuat kue kemudian dipadukan dengan imajinasinya. Awalnya ia melihat sebungkus Doritos dan memiliki ide untuk membuat kue dengan bentuk menyerupai snack kemasan ini. Tak disangka, usahanya ini berhasil dan ide-ide unik pun muncul di kepalanya.

Kini Vincentini sudah mampu membuat berbagai kue 3D yang terlihat sangat mirip dengan benda aslinya. Ia pernah membuat kue berbentuk secangkir latte, sekotak telur, buah strawberry segar, buah lemon segar, hingga sebuah tas kulit yang tampak sangat mirip aslinya.
Belajar Otodidak, Baker Ini Kini Ahli Bikin Kue Berkonsep Ilusi Optik Foto: instagram

Untuk membuat kuenya lebih nyata, Vincentini mengandalkan aneka bahan dekorasi kue mulai dari cokelat modeling, butter cream dan fondant. Sementara untuk mengaplikasikan warna, pria ini mengandalkan pewarna makanan berbentuk gel.

Berbeda dengan membuat kue biasa yang dihias secara sederhana, Vincentini setidaknya membutuhkan waktu berkali lipat untuk menghasilkan sebuah kue. Rata-rata untuk membuat sebuah kue kecil, Vincentini membutuhkan waktu hingga 6 jam. Semakin besar dan rumit desainnya maka semakin lama juga waktu pengerjaannya.

Kini Vincentini sudah lebih dikenal sebagai seniman kuliner. Banyak orang ingin belajar membuat kue padanya tapi hingga kini ia masih terlalu sibuk menerima pesanan. Hasil karya Vincentini bisa dilihat di galeri instagram pribadinya

Baca juga : Sayang Dimakan! Cantiknya Barbie Cake 3D Buatan Baker Korea

Simak Video "Artisan Bread Menurut Master Baker Ian Chin"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)