Keren! Keluarga Ini Punya Resep Teh Campur Nasi Berusia 100 Tahun

Sonia Basoni - detikFood Minggu, 13 Okt 2019 08:00 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Hampir setiap keluarga punya resep yang turun temurun. Seperti keluarga ini, yang sudah meracik teh dan nasi sejak ratusan tahun lalu.

Di wilayah Boon Lay, Singapura, ada keluarga Huang yang sejak dulu berkebun dan makan dari hasil panen yang mereka tanam. Ratusan tahun berselang, kini salah satu generasi Huang, yaitu Bi Zhen dan Bi Hua membagikan resep autentik dari teh dan nasi, lewat YouTube Our Grandfather Story (13/10).

Baca Juga: Penjual Ini Jual Ikan Segar Lewat Live Streaming di Facebook

Disebut Lei Cha, hidangan yang dikenal sebagai Thunder Tea Rice ini merupakan makanan tradisional khas Hakka. Di keluarga Huang, mereka punya resep Lei Cha berusia 100 tahun lebih, dengan menggabungkan nasi putih, aneka potongan sayur tumis, tofu, kacang, dan tentu saja kuah yang berasal dari tumbukkan aneka teh.
Keren! Keluarga Ini Punya Resep Teh Campur Nasi Berusia 100 TahunFoto: Istimewa

"Dulu keluarga kami sangat miskin, tidak bisa belanja ke pasar. Sehingga kami selalu menanam sayuran dan semuanya di kebun," tutur Bi Hua, saat ditanya asal usul resep Lei Cha ini.

Dari sana lah, keluarga mereka mulai sering membuat teh yang dicampur dengan nasi. Resep itu diwariskan turun temurun, dan masih berjaya hingga sekarang. Makanan ini mungkin terdengar aneh, tapi rasanya cukup enak.

"Resep ini diturunkan oleh ibu kita. Kunci dari resep ini adalah bawang putih, udang, sayuran, sayur manis, dan buncis. Teh nasi ini bisa dimasak dengan sayuran apapun yang Anda punya," ucap Bi Zhen.
Keren! Keluarga Ini Punya Resep Teh Campur Nasi Berusia 100 TahunKeluarga Huang. Foto: Istimewa

Untuk membuat kuah atau sup dari hidangan ini, biasanya daun teh ditumbuk dengan kacang hingga halus menggunakan tangan.

"Tak ada yang mau menghaluskan teh, karena dibutuhkan waktu lama dan kesabaran. Tapi teh merupakan bagian yang paling penting dari makanan ini, syaratnya aroma dari teh harus kuat dengan jejak rasa dari kacang," lanjut Bi Zhen. Biasanya mereka menggunakan daun teh jenis oolong.

Selain disantap dengan nasi, kuah teh campur kacang ini juga bisa diminum langsung.
Keren! Keluarga Ini Punya Resep Teh Campur Nasi Berusia 100 TahunFoto: Istimewa

Agar tak ada sisa makanan yang terbuang, sisa sayuran dari teh nasi ini dicampur dengan adonan tepung dan dibuat seperti pancake. Kemudian disajikan dengan siraman kuah teh yang enak.

"Hidangan teh nasi ini tidak akan membuat Anda gemuk," pungkas mereka berdua sambil tertawa.

Nah, bagi Anda yang tertarik untuk mencoba hidangan teh nasi ini. Bisa mampir ke Boon Lay Traditional Hakka Lui Cha, yang ada di Boon Lay PI, Singapura.

Baca Juga: Renyah Gurih! Ikan Hiu Goreng yang Legendaris dari Tanjungpinang

Simak Video "Dear Pencinta Boba, Ada Pameran Bubble Tea di Singapura"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)