Jajanan Kampung

Rebusan Hingga Kue Basah, Jajanan Ndeso yang Masih Diminati

Riska Fitria - detikFood Sabtu, 12 Okt 2019 13:00 WIB
Foto: dok. detikFood Foto: dok. detikFood
FOKUS BERITA Jajanan Kampung
Jakarta - Jajanan kampung seperti kue basah tradisional dan rebusan, ternyata masih banyak diminati. Terbukti dari banyaknya rumah-rumah produksi yang masih menyajikan dengan rasa otentik.

Salah satu rumah produksi yang terkenal dengan kue basah tradisionalnya adalah Daniqa Cake, yang berada di bilangan Pejaten. Rumah produksi tersebut merupakan usaha milik Desi yang sudah bergelut selama belasan tahun dalam memproduksi jajanan tersebut.

"Sekitar 15 tahun sudah menjual kue tradisional. Awalnya hanya menyediakan kue-kue ulang tahun, tapi karena dapat tawaran dari salah satu stasiun tv untuk mengisi snack-snack di acara mereka, akhirnya saya mencoba dengan belajar buat-buat kue dari daerah-daerah," ujar Desi.
Rebusan Hingga Kue Basah, Jajanan Ndeso yang Masih DiminatiFoto: dok. detikFood

Ada banyak jenis kue-kue tradisional yang dibuat, mulai dari sawut, mendut, kue talam, ketan srikaya, wajik, singkong pelangi, gethuk, kue lumpang dan masih banyak lagi. Semua aneka kue tersebut dibuat homemade dengan bantuan karyawan di sana.

"Ada 8 karyawan yang membuat kue-kue tersebut, saya sebagai Quality Control juga,".

Baca Juga : 5 Toko Kue Ini Sediakan Paket Kue Basah Cantik dalam Tampah

Kue-kue tradisional di sini dibuat masih dengan mempertahankan rasa yang otentik khas dari daerahnya masing-masing. Namun, ada beberapa yang divariasikan dengan menambahkan parutan keju, seperti pada kue basah singkong pelangi.
Rebusan Hingga Kue Basah, Jajanan Ndeso yang Masih DiminatiFoto: dok. detikFood

Kue tradisional tersebut dijual dalam beberapa paket. Ada paket satuan, paket box dan paket tampah. Untuk paket satuan, minimum pembelian sebanyak 20 pcs dengan harga satuan sekitar Rp. 5.500 untuk kue manis dan Rp. 7.000 untuk kue gurih.

Sudah berjalan selama 15 tahun, menjadikan kue tradisional di Daniqa Cake terkenal legendaris. Buktinya mereka sudah bekerja sama dengan beberapa perusahaan yang rutin memesan kue untuk acara-acara tertentu.

Biasanya kebanyakan pelanggan memesan dalam paket tampah. Dalam satu tampah diisi dengan 7 jenis kue tradisional yang dibanderol dengan harga sekitar Rp. 500.000.
Rebusan Hingga Kue Basah, Jajanan Ndeso yang Masih DiminatiFoto: dok. detikFood

Selain paket tampah kue tradisional, Daniqa Cake juga menawarkan paket tampah rebusan. Paket rebusan ini juga terbilang jajanan kampung yang masih digemari banyak orang.

Satu tampah, dilengkapi dengan sawut yang dibentuk seperti tumpeng. Kemudian disisinya diisi dengan rebusan ubi ungu, jagung, kacang tanah, kacang edamame, pisang kepok dan parutan kelapa. Untuk isiannya bisa disesuaikan dengan permintaan pembeli.

Paket rebusan tampah tersebut banyak dipesan untuk acara-acara penting seperti syukuran, lamaran, pengajian hingga acara arisan. Paket kue-kue tersebut diantar melalui kurir dari Daniqa sendiri maupun kurir ojek online.

Baca Juga : 5 Lokasi Pasar Kue Tradisional di Jabodetabek yang Jual Kue Enak dan Murah

Simak Video "Aneka Kue Basah Tradisional yang Masih Eksis di Masyarakat"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)
FOKUS BERITA Jajanan Kampung