Jajanan Kampung

Yuk, Bikin Ongol-ongol dan Kue Pisang yang Legit Enak!

Devi Setya - detikFood Sabtu, 12 Okt 2019 11:00 WIB
Foto: istimewa Foto: istimewa
FOKUS BERITA Jajanan Kampung
Jakarta - Banyak orang enggan membuat jajanan kampung karena dianggap sulit. Padahal ada banyak jajanan manis legit yang mudah dibuat bahkan untuk pemula.

Sebut saja kue lumpur, kue nagasari hingga ongol-ongol bisa jadi kudapan di rumah untuk keluarga tercinta. Mumpung akhir pekan, yuk bikin aneka kue kampung yang manis legit dan mudah dibuat.

1. Kue Lumpur
Yuk, Bikin Ongol-ongol dan Kue Pisang yang Legit Enak!Foto: istimewa

Meskipun namanya kue lumpur tapi kue yang satu ini justru punya tampilan dan rasa yang menggoda. Tekstur lembut kue lumpur bikin ketagihan. Apalagi kalau kue ini dikreasikan dengan tambahan kentang.

Kue lumpur kentang makin enak lagi dengan tambahan aneka topping seperti kismis atau keju. Mau bikin kue lumpur kentang? Coba cek resep lengkapnya di sini.

Baca juga : Dipadukan dengan Pisang Masak, 7 Jajan Pasar Ini Jadi Legit Enak

2. Lupis
Yuk, Bikin Ongol-ongol dan Kue Pisang yang Legit Enak!Foto: detikfood

Hampir semua orang suka menyantap jajanan berbahan ketan ini. Lupis semakin menggugah selera karena dilengkapi dengan taburan kelapa parut dan saus gula merah yang kental dan manis.

Saat ini menemukan lupis enak memang agak sulit, lebih baik membuatnya sendiri di rumah. Dengan bahan utama beras ketan, kelapa dan gula merah, Anda sudah bisa meracik lupis yang legit. Resep praktis lupis bisa dilihat di sini.

3. Kue Nagasari
Yuk, Bikin Ongol-ongol dan Kue Pisang yang Legit Enak!Foto: istimewa

Nagasari juga dikenal dengan sebutan kue pisang. Kue ini punya tekstur lembut dengan isian irisan pisang tanduk di bagian tengahnya. Kue berbungkus daun kelapa ini enak dinikmati sambil minum teh.

Dengan resep ini, Anda sudah bisa membuat kue nagasari yang manis dan enak. Gunakan pisang tanduk yang manis agar kue semakin enak.

4. Ongol-ongol
Yuk, Bikin Ongol-ongol dan Kue Pisang yang Legit Enak!Foto: istimewa

Kue yang satu ini memiliki tekstur kenyal seperti agar-agar. Bahan baku utamanya sagu aren yang diuleni dengan gula jawa dan air. Tak sulit membuat ongol-ongol, pemula yang baru belajar membuat kue juga bisa membuatnya di rumah.

Manis ongol-ongol makin lengkaplagi dengan tambahan kelapa parut yang sudah dikukus. Dengan resep ini, ongol-ongol enak bisa dibuat sendiri.

5. Ketan Srikaya
Yuk, Bikin Ongol-ongol dan Kue Pisang yang Legit Enak!Foto: istimewa

Ketan kukus gurih lembut ini semakin lengkap dengan adanya lapisan srikaya yang manis. Meskipun kelihatan berlapis, kue satu ini sangat mudah dibuat. Harum manis srikaya membuat ketan ini makin istimewa.

Setelah jadi, potong-potong kue ini menjadi bagian kecil agar mudah disantap. Resep lengkap ketan lapis srikaya bisa dilihat di sini.

Baca juga : Selain Cantik, Kue Tradisional Asia Juga Manis Enak Rasanya

Simak Video "Manis Renyah Kembang Goyang dan Akar Kelapa Khas Betawi"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/dvs)
FOKUS BERITA Jajanan Kampung