Jajanan Kampung

Pakai Topping Kekinian, Jajanan Kampung Ini Jadi 'Naik Kelas'

Sonia Basoni - detikFood Kamis, 10 Okt 2019 18:16 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
FOKUS BERITA Jajanan Kampung
Jakarta - Jajanan tradisional yang ndeso nyatanya tetap populer dan digemari. Agar menarik anak milenial, jajanan inipun diberi aneka topping dan isian kekinian.

Sering disebut sebagai jajanan kampung, camilan ini dulunya dijual di gerobak, kaki lima di pinggir jalan hingga pasar-pasar tradisional. Tapi semenjak banyaknya kreasi makanan kekinian, jajanan kampung ini pun kembali hits. Tentunya dengan penampilan baru, dan topping yang beragam, sesuai selera masa kini.

Seperti bakpia khas Yogyakarta yang disulap dengan isian green tea hingga strawberry. Kemudian ada juga cireng leleh keju, hingga klepon yang dikemas dengan bentuk baru.

Baca Juga: Ini Nih 5 Jajanan Tradisional yang Cocok Jadi Teman Ngopi


1. Klepon

Pakai Topping Kekinian, Jajanan Kampung Ini Jadi 'Naik Kelas'Foto: Istimewa

Klepon merupakan jajanan kampung yang berasal dari Jawa, dan terkenal di berbagai kota yang ada di Indonesia. Klepon terbuat dari tepung beras ketan yang dibentuk jadi bola, dan dibalut kelapa parut.

Kini klepon dimodifikasi dan digabungkan dengan makanan lain. Salah satunya donat rasa klepon, dengan taburan kelapa di atasnya. Kemudian ada cake klepon yang istimewa, muncul juga roti klepon yang kenyal legit dan cocok untuk jadi teman minum kopi.


2. Cireng

Pakai Topping Kekinian, Jajanan Kampung Ini Jadi 'Naik Kelas'Foto: Istimewa

Aci digoreng atau cireng, merupakan camilan atau jajanan kampung asal Jawa Barat yang banyak ditemukan di tukang gorengan, dengan harga yang murah. Jajanan ini dibuat dari tepung kanji, yang dicampur dengan bumbu sederhana, kemudian digoreng hingga garing.

Kini cireng sudah 'naik kelas', banyak tempat nongkrong, restoran, hingga kafe yang memasukan cireng ke dalam salah satu menu makanan mereka. Tentunya dengan sentuhan modern, seperti cireng isi suwiran ayam pedas, cireng berbalur keju mozzarella yang lumer di mulut, hingga cireng banyur yang disajikan dengan kuah gurih seperti bakso.


3. Bakpia

Pakai Topping Kekinian, Jajanan Kampung Ini Jadi 'Naik Kelas'Foto: Istimewa

Bakpia merupakan jajanan kampung yang juga merangkap sebagai oleh-oleh khas Yogyakarta. Bakpia ini terinspirasi dari kue China, yang disebut kue isi. Dulu bakpia dijual dengan isian kacang hijau.

Tapi kini bakpia sudah menjadi jajanan kekinian, yang tak lagi ndeso. Kini banyak produsen bakpia yang menjual kue tradisional ini dengan tampilan seperti mini cake, salah satunya dengan menggabungkan bakpia bersama topping pisang keju, blueberry cheese, green tea, hingga isian abon.


4. Kue Cubit

Pakai Topping Kekinian, Jajanan Kampung Ini Jadi 'Naik Kelas'Foto: Istimewa

Kue cubit sudah tidak asing lagi, terutama di Jakarta. Jajanan kampung yang satu ini, bisanya banyak ditemukan di depan sekolah hingga di pasar. Terinspirasi dari kuliner Belanda, kini kue cubit jadi salah satu jajanan tradisional yang paling hits.

Hampir setiap kafe dan restoran kekinian, punya menu kue cubit dengan aneka topping dan adonan kekinian yang tentunya berbeda dari racikan tradisional. Salah satu topping kue cubit yang paling populer, ada green tea, red velvet, Nutella, greentea, hingga cokelat keju.


5. Pisang Goreng

Pakai Topping Kekinian, Jajanan Kampung Ini Jadi 'Naik Kelas'Foto: Istimewa

Hampir setiap daerah di Indonesia, punya resep dan sajian pisang goreng masing-masing. Jajanan kampung yang satu ini, jadi kudapan yang digemari di tukang gorengan, warung kopi, hingga penjual makanan lainnya.

Kini pisang goreng variannya sudah beragam. Mulai dari pisang goreng krispi, hingga pisang nugget dengan aneka topping yang melimpah, dan isian yang beragam seperti keju, strawberry, taro, green tea, dan aneka cokelat kekinian.

Baca Juga: Jokowi dan Prabowo, Kompak Soal Selera Jajanan Ndeso

Simak Video "Mengintip Pembuatan Si Manis Bernama Pukis"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)
FOKUS BERITA Jajanan Kampung