Rekomendasi Makan Siang

Tambah Semangat dengan Pedas Enak Ayam Taliwang di 5 Tempat Ini

Riska Fitria - detikFood Kamis, 10 Okt 2019 12:00 WIB
Foto: sumagung.com Foto: sumagung.com
Jakarta - Makanan pedas bisa bangkitkan selera, seperti ayam Taliwang khas Lombok. Rasa pedas asamnya bakal bikin berkeringat dan makin semangat.

Ayam Taliwang khas Lombok merupakan olahan ayam bakar yang punya aroma dan rasa pedas yang khas. Ayam yang digunakan merupakan ayam kampung muda yang empuk. Ayam Taliwang biasanya disantap dengan plecing kangkung.

Biasanya ayam disajikan dengan cara dibakar atau digoreng dengan olesan sambal yang pedas menyengat. Disajikan dengan sambal khusus. Kalau siang ini ingin menyantap ayam Taliwang, coba sambangi 5 tempat makan ini di sekitar Jakarta.

1. Sumagung Resto & Catering
Tambah Semangat dengan Pedas Enak Ayam Taliwang di 5 Tempat IniFoto : sumagung.com

Restoran yang bertempat di kawasan Kelapa Gading ini dikenal dengan spesialis Ayam Bakar Taliwang. Di sini menawarkan ayam Taliwang dalam berbagai pilihan baik tingkat kepedasan maupun ukurannya. Untuk tingkat kepedasan, ada mulai dari rasa manis pedas, sedang hingga pedas. Kalau untuk ukuran kamu bisa pilih ukuran potongan, sedang, jumbo dan super jumbo.

Satu porsi ayam bakar Taliwang, tentunya dilengkapi dengan plecing kangkung. Ada yang sedikit berbeda dengan plecing kangkung di sini. Selain menggunakan bumbu plecing, makanan pendamping ayam Taliwang tersebut juga dilengkapi dengan taburan kacang tanah yang sudah digoreng.

Sumagung Resto & Catering
Jl. Raya Kelapa Gading Permai Blok I 1 No. 12A
Telepon : 021n4520831

2. Village Coffee & Kitchen
Tambah Semangat dengan Pedas Enak Ayam Taliwang di 5 Tempat IniFoto: Istimewa

Di bilangan Kemang, Jakarta Selatan juga bisa menikmati ayam Taliwang khas Lombok. Menu tersebut ada di tempat makan bernama Village Coffee & Kitchen. Ayam Taliwang di sini disajikan dalam dua pilihan, yaitu per paket atau per ekor. Kalau untuk menu paketnya hanya di hargai sekitar Rp. 39.000.

Dalam menu paket tersebut diisi dengan sepotong ayam bakar berbumbu pedas, plecing kangkung dan tambahan sambal. Aromanya bumbunya dengan campuran terasi sangat tercium. Rasa pedas pada ayam Taliwang di sini dijamin bikin keringat bercucuran, kalau masih kurang pedas, kamu bisa cocol ayam Taliwang ke sambal yang sudah disediakan di sana.

Village Coffee and Kitchen
Jl. Taman Kemang No. 20
Kemang
Jakarta Selatan
Telepon : 021-7181446
Jam Buka : 07.30 - 19.30

3. Taliwang Bali
Tambah Semangat dengan Pedas Enak Ayam Taliwang di 5 Tempat IniFoto: Istimewa

Salah satu restoran yang berada di Mall Grand Indonesia, Jakarta Pusat Ini punya menu ayam Taliwang. Restoran tersebut bernama Taliwang Bali yang mengkhusus menu makanannya pada makanan khas Bali dan Lombok. Selain itu, restorannya juga dihias dengan ornamen-ornamen khas Bali dan Lombok. Untuk menu Ayam Taliwangnya, disajikan dalam piring persegi yang besar.

Isinya dilengkapi dengan nasi putih, potongan ayam Taliwang, lalapan, plecing kangkung dan bumbu Taliwang yang medok. Meski tak satu ekor, tetapi potongan ayam tersebut juga lumayan besar. Saat digigit, tekstur ayam Taliwangnya juga cukup empuk dan lembut. Satu prosi ayam Taliwang dibanderol dengan harga sekitar Rp. 67.000.

Taliwang Bali
Grand Indonesia Mall, Lantai 5, West Mall
Thamrin, Jakarta Pusat
Telepon: 02123580818
Jam Buka : 10.00 - 22.00

Baca Juga : Ayam Bakar Gurih dengan Sambal Paling Cocok Buat Santap Malam

4. Ayam Taliwang Rinjani
Tambah Semangat dengan Pedas Enak Ayam Taliwang di 5 Tempat IniFoto : Inspirasikukei

Ayam Taliwang yang ditawarkan di restoran ini disebut-sebut sebagai ayam Taliwang terpedas. Level kepedasan ayam Taliwang tersebut mengalahkan ayam Taliwang yang ada di tempat lain. Meskipun sangat pedas, tetapi cita rasa gurih dan asin masih sangat terasa. Ayam taliwan di sini juga tersedia dalam tingkat kepedasan yang berbeda.

Pengunjung banyak yang penasaran dengan ayam Taliwang dengan level super pedas. Kamu akan dibuat kaget dengan porsi ayam Taliwang ini. Satu ekor ayam bakar dan dilumuri dengan sambal plecing yang sangat banyak dan hampir menutupi lapisan ayamnya. Baru sedikit mencobanya, pasti sudah membuat lidah tersengat. Harga yang ditawarkan sekitar Rp. 41.000.

Ayam Taliwang Rinjani
Jl. Pesanggrahan No.50, RT.11/RW.3
Meruya, Jakarta Barat
Telepon : (021) 58903448
Jam Buka : 10.00 - 23.00

5. Ayam Taliwang Lima Rasa
Tambah Semangat dengan Pedas Enak Ayam Taliwang di 5 Tempat IniFoto: Istimewa

Sesuai namanya, restoran bernama Ayam Taliwang Lima Rasa ini punya menu ayam bakar Taliwang yang pedasnya menggigit. Ayam yang dipakai merupakan ayam kampung muda yang dibakar dengan menggunakan bumbu cabai. Tingkat kepedasannya juga bisa disesuaikan,ada rasa pedas manis, pedas sedang, pedas, pedas sekali hingga super pedas.

Dari 5 tingkatan pedas tersebutlah yang membuat restoran ini dinamakan dengan kata 'Lima Rasa'. Di sini ayam Taliwangnya disajikan per ekor. Ukurannya lumayan besar, sehingga bisa disantap bersama hingga 3 orang. Tentunya menu ayam Taliwang dilengkapi dengan plecing kangkung. Harga yang ditawarkan sekitar Rp. 73.000.

Ayam Taliwang Lima Rasa
Jl. Prof. Dr. Satrio No. 18, Karet
Kuningan, Jakarta Selatan
Telepon : (021) 52907280
Jam Buka : 10.00 - 21.30

Baca Juga : 5 Tempat Makan Ini Punya Menu Ayam Bakar Lezat Buat Berbuka! https://food.detik.com/info-kuliner/d-2316695/5-tempat-makan-ini-punya-menu-ayam-bakar-lezat-buat-berbuka/5/

Simak Video "Resep Donat Isi Selai"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)