Tips Nikmati Brown Sugar Boba yang Lebih Sehat Tapi Tetap Enak

Devi Setya - detikFood Jumat, 04 Okt 2019 19:30 WIB
Foto: istimewa Foto: istimewa
Jakarta - Demam minuman brown sugar boba tengah merajalela di berbagai negara, termasuk di Indonesia. Meskipun enak, minuman ini tak baik dikonsumsi berlebihan karena kandungan gulanya yang sangat tinggi.

Dalam segelas minuman brown sugar boba setidaknya mengandung 18,5 sendok teh gula. Jumlah gula yang sangat tinggi tidak bisa diterima tubuh dan pastinya akan mengganggu sistem kerja tubuh. Tapi rasanya yang enak membuat orang rela antre berjam-jam untuk dapat menikmati minuman manis dengan gula cokelat ini.

Dilansir dari Asia One (4/10) ternyata ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk membuat minuman brown sugar boba lebih sehat. Agar bisa minum brown sugar boba enak tanpa menantang resiko penyakit, coba ikuti beberapa tips berikut.

1. Pilih topping yang lebih sehat
Tips Nikmati Brown Sugar Boba yang Lebih Sehat Tapi Tetap EnakFoto: istimewa

Brown sugar boba identik disajikan dengan bola-bola bubble yang kenyal. Boba yang terbuat dari tepung singkong, ubi dan gula ini ternyata sama sekali tak mengandung nilai gizi.

Bubble hanya mengandung kalori yang kadarnya bahkan hampir setengah dari kandungan segelas milk tea. Untuk menyiasatinya, cobalah ganti bubble ini dengan bahan yang lebih sehat misalnya lidah buaya atau makanan yang mengandung serat.

Baca juga : Mengintip Proses Pembuatan Boba Brown Sugar Fenomenal dari Taiwan

2. Coba pakai teh biasa atau teh buah
Milk tea pada brown sugar boba menyumbang kalori dan gula yang tak kalah tinggi. Sebagai alternatif, cobalah mengganti susu dengan minuman sari buah atau teh polos seperti teh hijau, oolong atau teh hitam.

Kalau suka minuman buah, coba padukan segelas jus buah dengan bubble. Anda tetap bisa menyeruput minuman kekinian tapi dalam versi yang lebih sehat. Jus buah dengan bubble tak kalah enak dengan segelas milk tea brown sugar.

3. Gunakan lebih sedikit gula
Tips Nikmati Brown Sugar Boba yang Lebih Sehat Tapi Tetap EnakFoto: istimewa

Mengurangi takaran gula pada brown sugar boba bisa jadi pilihan lainnya. Mintalah porsi setengah dari takaran gula normal yang jadi racikan gerai boba brown sugar.

Meskipun gulanya hanya setengah porsi tapi minuman ini tetap enak disantap karena mengandung susu dan teh. Dengan setengah porsi gula, Anda bisa ikut menikmati tren minuman kekinian tanpa membuat tubuh terjangkit penyakit. Jika gerai minuman menawarkan pilihan susu kedelai, itu akan jadi pilihan yang lebih sehat.

4. Pilih ukuran gelas kecil
Biasanya gerai minuman memiliki strategi marketing yang menarik. Harga minuman untuk ukuran gelas besar hanya berselisih sedikit dibandingkan ukuran gelas kecil. Orang tentu akan lebih tergoda membeli minuman gelas besar karena menganggap lebih ekonomis.

Untuk tetap bisa minum enak sekaligus menjaga kesehatan, pilihlah minuman dengan ukuran gelas yang lebih kecil. Mengonsumsi terlalu banyak gula juga dapat memberi efek langsung pada tubuh, salah satunya mengalami sakit kepala.

5. Bikin sendiri bubble tea brown sugar
Tips Nikmati Brown Sugar Boba yang Lebih Sehat Tapi Tetap EnakFoto: istimewa

Kalau mau terjamin lebih sehat, cobalah membuat sendiri minuman ini di rumah. Segelas boba brown sugar sangat mudah dibuat dan bisa diolah bahkan oleh pemula sekalipun.

Siapkan bahan utamanya seperti susu, gula aren dan boba bubble. Racik sendiri sesuai selera dan nikmati dalam porsi secukupnya. Meskipun terasa sangat enak tapi boba brown sugar ini tidak boleh terlalu sering dikonsumsi, beri jeda konsumsi misalnya seminggu sekali.

Baca juga : Wow! Brown Sugar Boba Milk Tea Ini Disajikan Dalam Gelas 26 Cm

Simak Video "Boba Manakah yang Paling Enak?"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)