China dan Jepang Punya Robot Canggih untuk Kirim Makanan yang Bisa Naik Tangga

Yenny Mustika Sari - detikFood Sabtu, 05 Okt 2019 09:00 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - China dan Jepang sudah tak asing dengan pemanfaatan teknologi robot. Yang terbaru ada robot pengantar makanan canggih karena bisa mengenali lift dan tangga.

China dan Jepang telah mengeluarkan armada robot baru untuk pengiriman makanan. Rencananya robot ini akan di uji coba di Beijing dan Shenzhen. Perusahaan besar untuk pengantar makanan Meituan-Dianping telah bermitra dengan 10 asrama dan perkantoran untuk menguji coba robot yang mereka produksi tersebut.

Robot tersebut dapat bekerja untuk pengiriman makanan yang dapat langsung mereka antarkan di depan kamar atau meja pemesannya. Tidak seperti robot pengiriman lain, robot jenis ini dirancang khusus untuk dapat menavigasi lift dan anak tangga agar dapat mengantar makanan langsung kepada pemesannya.

Baca Juga: Keren! Ini Restoran Hotpot Robot Pertama di Dunia

Saat ini perusahaan Meituan-Dianping masih menggunakan jasa manusia dalam proses pengantaran makanan mereka. Namun suatu hari saat robot tersebut sudah teruji berhasil, maka robot yang akan mengambil alih semua aspek pengiriman makanan.

China dan Jepang Punya Robot Canggih untuk Kirim Makanan yang Bisa Naik TanggaFoto: iStock

Meituan-Dianping menargetkan lokasi pengantaran makanan di kantor dan universitas lebih dulu. Sebab dua area ini lebih mudah dipantau dibanding jalanan biasa yang ramai.

Kepala Departemen Pengiriman Otonom Meituan menjelaskan kepada CNBC bahwa program ini dimaksudkan untuk membantu perusahaan mengatasi permintaan yang meningkat pesat untuk layanan pengirimannya.

Meituan berharap untuk melakukan pengiriman makanan tiga kali lebih banyak daripada saat ini. Ia pun berharap untuk menyewa dan tambahan 30.000 hingga 35.000 pekerja pengiriman makanan dengan jasa manusia untuk bekerja bersama robot.

China dan Jepang Punya Robot Canggih untuk Kirim Makanan yang Bisa Naik TanggaFoto: iStock

Baca Juga: Canggih! Robot Pelayan ini Bisa Dikendalikan Pegawai Disabilitas

Di Jepang, perusahaan mulai menggunakan robot sebagai tenaga kerja mereka karena para tenaga kerja manusia diperkirakan akan menyusut sebesar 20% pada tahun 2040. Perusahaan ZMP Inc sudah menggunakan robot bernama Carriro Deli. Selain mengantarkan makanan, robot ini juga akan tersenyum saat akhir servisnya dalam mengantar makanan. Robot ini telah diuji coba di sebuah kompleks apartemen.

Ternyata tidak hanya Jepang dan China, kedua negara ini juga menggunakan robot pengantar makanan. Jika di Amerika Serikat, perusahaan Domino's Pizza menggunakan robot pengantar makanan menggunakan truk robot kecil. Dan untuk Inggris, ada 2 perusahaan yang telah memulai program eksperimental menggunakan robot kecil yang dilengkapi GPS.



Simak Video "Kelezatan Bolu Gulung Lembut Tanpa Pengawet di Jakarta Barat"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/adr)