Resep Spaghetti Tumis Sosis yang Praktis Buat Sarapan

Odilia Winneke Setiawati - detikFood Jumat, 04 Okt 2019 05:30 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Spaghetti disukai anak-anak karena mulur kenyal dan gurih. Pagi ini Anda bisa bikin spaghetti yang simpel dengan paduan sosis dan keju ini.

Spaghetti salah satu jenis pasta Italia yang paling populer di dunia. Umumnya dijual dalam keadaan kering dalam kemasan karton atau plastik. Banyak merk ternama dari Italia juga ada produk lokal Indonesia.

Jika akan mengolah pasta kering, rebus pasta secukupnya. Agar jika tersisa masih dalam keadaan kering dan lebih tahan lama dibandingkan jika sudah dimasak. Yang paling penting rebus spaghetti sesuai petunjuk kemasan.

Untuk setiap 250 gram pasta kering rebus dengan 2 liter air dan 1 sdt garam. Gunakan panci besar agar spaghetti benar-benar seluruhnya terendam air dan matang bersamaan. Sebaiknya jangan menambahkan minyak sayur karena akan membuat bumbu san saus tidak bisa menyerap ke dalam spaghetti dengan baik.

Soal tingkat kematangan spaghetti, tergantung selera. Ada yang suka lunak di luar hingga di bagian dalam sehingga agak mengembang dan empuk sekali. Tetapi ada juga yang suka 'al dente', lunak di bagian luar tetapi sedikit renyah di bagian tengahnya ketika digigit.


Resep Spaghetti Tumis Sosis yang Praktis Buat SarapanFoto: iStock


Untuk membuat spaghetti tumis sosis yang mudah dan praktis, ikuti beberapa langkah mudah ini.

1. Sebagai bahannya siapkan 250 gram spaghetti kering, 4 buah sosis sapi atau ayam, iris melintang 1/4 cm, 3 siung bawang putih cincang halus, 1/4 butir bawang bombay cincang halus, 1/2 sdt merica bubuk, 1 sdt oregano kering, dan 1 sdt garam. Sebagai taburan siapkan 100 g keju cheddar parut.

2. Rebus 2 liter air dalam panci besar, beri 1 sdt garam. Masukkan spaghetti, rebus selama 5-8 menit hingga spaghetti agak mengembang dan lunak. Angkat spaghetti, tiriskan dan sisakan 150 ml air perebusnya.

Resep Spaghetti Tumis Sosis yang Praktis Buat SarapanFoto: iStock


3. Panaskan 3 sdm minyak dalam wajan, tumis bawang putih dan bawang bombay hingga layu dan wangi. Masukkan sosis, aduk hingga sosis berubah warna.

4. Tambahkan spaghetti, air perebusnya, oregano, merica dan garam. Aduk hingga mendidih dan tercampur rata serta air habis. Angkat, taburi keju parut dan sajikan. Jika akan dijadikan bekal, biarkan beberapa saat hingga agak dingin dan kemas dalam wadah bertutup rapat.






Simak Video "Perpaduan Unik Keju Yogyakarta dengan Wine Australia dan Selandia Baru"
[Gambas:Video 20detik]
(odi/odi)