Netizen Ini Cuhat Terkena Tumor Payudara Karena Rutin Makan Junk Food dan Mie Instan

Riska Fitria - detikFood Rabu, 02 Okt 2019 18:10 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Hati-hati dalam memilih makanan! Jika salah pilih bisa menimbulkan penyakit mematikan, seperti yang dialami oleh salah satu netizen ini.

Melalui akun twitter, netizen bernama Indah Mardianti membagikan curhatan pasal dirinya yang didiagnosis memiliki tumor di payudaranya. Dalam cuitan yang diunggah pada Sabtu (28/9) ia mengatakan bahwa penyebab tumor payudara tersebut muncul karena ia memiliki pola makan yang buruk.

Pola makan yang buruk tersebut ia alami sejak ia tinggal di sebuah asrama pada 2017 lalu. Selama berada di asrama Indah mengaku rutin mengonsumsi junk food, dan mie instan.
Netizen Ini Cuhat Terkena Tumor Payudara Karena Rutin Makan Junk Food dan Mie InstanFoto: iStock

"Kalau di rumah bisa kena omel makan yang ga sehat, kalo di asrama gak ada yang ngekontrol. Pernah makan mie semingguan tuh bener-bener ga stop pokoknya," tulis Indah.

Dari kebiasaannya tersebut, ia baru menyadari ada benjol di sekitar payudaranya pada November tahun lalu. Benjolan tersebut dirasakan oleh Indah ketika ia tidur dengan posisi menyamping. Saat itu ia merasakan nyeri pada payudaranya dan saat diraba, terada benjolan sebesar bakso.

Baca Juga : Jika Terlalu Sering Dikonsumsi 5 Makanan Ini Bisa Picu Kanker

Indah memutuskan untuk memeriksa dirinya di dokter umum. Namun, di sana ia dirujuk ke dokter bedah untuk melakukan USG. Indah sempat menunda melakukan USG lantaran kesibukan kuliahnya.
Netizen Ini Cuhat Terkena Tumor Payudara Karena Rutin Makan Junk Food dan Mie InstanFoto: Twitter @indaahmardianti

Hingga akhirnya ia mendapati bahwa benjolan di payudaranya semakin membesar. Sehingga harus dilakukan operasi sesegera mungkin. Setelah operasi berjalan lancar, dokter meneliti penyebab munculnya benjolan tersebut yang tak lain adalah karena pola makan yang buruk.

"Jadi kata dokternya ini penyebab tumornya juga karena makanan. Hindari junk food, bakar-bakaran yang gosongnya itu karena gue suka makanan yang gosongnya itu. Terus makan mie, bakso yang ada tetelannya, kurangi mecin. Nah, itu penyebab tumor payudara yang gue alami," tulis Indah sambil menyertakan foto hasil pemeriksaan.
Netizen Ini Cuhat Terkena Tumor Payudara Karena Rutin Makan Junk Food dan Mie InstanFoto: Istimewa

Cuitan yang diunggah Indah langsung viral dan menjadi pengingat juga bagi netizen. Banyak netizen yang tersadarkan dan sama-sama memberi saran setelah membaca postingan Indah.

"Fix gak akan makan mie lagi, mau nyemil tahu direbus aja kalo malem sambil minum teh pait. Btw gais, fyi makan or minum yg ada gula juga jangan keseringan dan kebanyakan. Kalo mau gula dari buah. Soalnya kebanyakan konsumsi gula bikin luka di tubuh susah buat ilang (gw ngalamin)," tulis netizen dengan akun @fifeipopuff.

Meskipun telah dioperasi, Indah harus tetap rutin mengecek keadaannya ke dokter untuk mengetahui apakah tumor tersebut tumbuh lagi atau tidak. Sebelumnya dokter juga menyarankan untuk menjaga pola makan yang baik agar tumor tersebut tak kembali.

Baca Juga : 10 Bahan Makanan Ini Sering Dicap Penyebab Kanker, Ini Faktanya

Simak Video "Merapat ke 'Kratong Song Krueng' untuk Cicipi Rujak Kecapi"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)