Buktikan Pizza Italia Sehat, Peneliti Ini Raih Penghargaan Universitas Harvard

Milla Kurniaputri - detikFood Minggu, 29 Sep 2019 07:00 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Pizza yang tinggi karbohidrat sering dicap tidak sehat. Namun peneliti Italia ini coba membuktikan kalau pizza sehat hingga ia meraih penghargaan bergengsi.

Siapa yang tidak suka pizza? Makanan asal Italia ini sudah menjadi makanan favorit semua kalangan. Bahkan mudah didapatkan karena restoran pizza ada banyak di Indonesia.

Namun karena tinggi karbohidrat, semua orang sering mengatakan bahwa pizza ialah makanan yang tidak sehat. Bahkan sangat dihindari untuk orang yang sedang diet. Tetapi salah satu peneliti di Italia, Silvano Gallus berhasil membuktikan bahwa pizza khas Italia memiliki manfaat kesehatan bagi tubuh.

Food and Wine (25/9) melaporkan bahwa dengan makan pizza khas Italia, terbukti dapat mengurangi risiko serangan jantung dan berbagai jenis kanker. Namun bukan berarti dengan makan pizza sebanyak mungkin, dapat mengobati beberapa penyakit. Gallus juga mengatakan bahwa di Italia, pizza menjadi salah satu bagian menu diet Mediterania yang telah terbukti memiliki manfaat kesehatan yang besar.

Buktikan Pizza Italia Sehat, Peneliti Ini Raih Penghargaan Universitas HarvardFoto: Istimewa


Diet Mediterania memang sudah terbukti dapat turunkan berat badan, cegah serangan jantung, stroke, diabetes tipe 2 hingga kematian dini. Jadi Gallus menyimpulkan bahwa dengan makan pizza Italia, yang khas dari Italia, memiliki manfaat kesehatan.

Baca Juga: Mau Jalani Diet Mediterania? Kenali Dulu 7 Konsep Dasarnya

Mungkin banyak yang tidak percaya dengan hal ini, namun Gallus telah membuktikannya dengan memenangkan Ig Nobel Price tahun ke 29. Acara ini diselenggarakan majalah Annals of Improbable di Harvard. Acara tersebut memang sengaja menampilkan beberapa penelitian terbaru, mau itu tentang kedokteran ataupun teknologi. Kemudian Gallus berhasil memenangkannya.

Gallus memenangkan penghargaan dengan penelitian "Mengumpulkan bukti bahwa pizza dapat melindungi seseorang dari beberapa penyakit dan kematian, jika pizza yang dimakan itu khas dari Italia." Dalam penelitiannya tersebut, Gallus merujuk tiga makalah yang telah dia terbitkan di tahun 2003 dan 2006 yang menyarankan bahwa jenis pizza Italia tertentu dapat mengurangi risiko serangan jantung dan berbagai jenis kanker.

Buktikan Pizza Italia Sehat, Peneliti Ini Raih Penghargaan Universitas HarvardFoto: Istimewa


"Intepretasi kami adalah di Italia, pizza bisa mewakili indikator umum, sebuah tanda, dari pola makan Italia bahwa seperti makanan dalam diet Mediterania lain yang telah terbukti memiliki manfaat kesehatan besar," kata Gallus dalam sambutannya sebagai pemenang.

"Kesimpulannya, kami merekomendasikan makan pizza Italia, tetapi harus yang benar-benar jenis Italia. Dan tolong tidak pakai pepperoni karena alasan kesehatan," pungkas Gallus.

Baca Juga: 7 Fakta Unik Pizza Khas Italia yang Perlu Kamu Tahu

Simak Video "Pizza Bebek Anti Mainstream di Surabaya"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/adr)