Kisah Ganja dan Makanan, Mulai dari Permen hingga Kafe Ganja Legal

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Minggu, 29 Sep 2019 14:00 WIB
Halaman 1 dari 6
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Ganja terbilang kontroversial karena merupakan narkoba di Indonesia. Tapi di luar negeri, ganja dipadukan beragam makanan dan bahkan ada kafe ganja legal!

Di Indonesia, ganja atau mariyuana merupakan narkotika golongan I yang berarti ganja hanya dapat digunakan untuk tujuan pengembangan ilmu pengetahuan. Ganja tidak digunakan dalam terapi dan mempunyai potensi sangat tinggi mengakibatkan ketergantungan.

Karenanya pemakai ganja di Indonesia bisa berurusan dengan hukum dan masuk penjara. Namun di sisi lain, ganja disebut-sebut sebagai tanaman luar biasa. Hal ini terkait manfaat ampuh dari pemakaian ganja.

Bahkan tanaman ganja konon sudah menjadi bagian tradisi bangsa Indonesia sejak dulu kala. Ganja dipakai untuk obat diabetes, bumbu masakan, dan juga ritual keagamaan.

Menilik negara lain, beberapa negara telah melegalkan konsumsi ganja. Seperti Canberra yang baru-baru ini membuat undang-undang soal kepemilikan ganja. Ada juga beberapa negara di Amerika Serikat yang melakukan hal serupa.

Karenanya muncul beberapa kreasi makanan dengan paduan ganja. Di Los Angeles malahan adalah kafe ganja yang legal. Berikut kisah ganja dan makanan yang ramai diperbincangkan. (adr/odi)