Pasangan Ini Setiap Hari Jalan Kaki 10 KM untuk Belanja Sayuran

Sonia Basoni - detikFood Jumat, 27 Sep 2019 14:54 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Banyak cara untuk menyelamatkan lingkungan. Mulai dari mengurangi sampah plastik, hingga menerapkan pola hidup tradisional yang lebih ramah lingkungan.

Ram Singh salah satu anggota Indian Administrative Service (IAS), dari Meghalaya, India, yang viral karena gaya hidupnya yang unik. Ia dan keluarganya percaya bahwa masalah modern yang ada, bisa diselesaikan dengan cara tradisional. Salah satunya dengan meninggalkan mobil dan motor, dan berjalan kaki saat membeli makanan.

Baca Juga: Kurangi Plastik, Warga India Mulai Sajikan Makanan di Piring Tanah Liat
Pasangan Ini Setiap Hari Jalan Kaki 10 KM untuk Belanja SayuranFoto: Istimewa
Dilansir dari Storypick (27/09), Ram dan sang istri bersama anaknya, sering melakukan perjalanan sepanjang 10 KM dengan berjalan kaki. Biasanya mereka jalan kaki untuk membeli bahan-bahan makanan segar, seperti sayuran organik dan buah-buahan. Setelah itu mereka akan membawa sayuran dan buah-buahan ini menggunakan tas yang terbuat dari bambu.

"Banyak yang mengeluh bahwa sulit untuk jalan kaki, sambil membawa banyak sayuran. Saya menyarankan untuk menggunakan Kokcheng (wadah bambu), yang bisa mengurangi limbah plastik. Tapi mereka menertawakan saya. Akhirnya saya dan sang istri pergi ke pasar, membawa Kokcheng di mana wadah bambu ini sangat berguna," jelas Ram.
Pasangan Ini Setiap Hari Jalan Kaki 10 KM untuk Belanja SayuranFoto: Istimewa

Tak main-main, sekali belanja sayuran ke pasar. Ia mampu membawa 21 kg sayuran organik ini, tanpa plastik dan tentunya tanpa polusi udara. Ia juga menyebutkan bahwa ia tak pernah terkena macet lagi.

Rutinitasnya ini memang untuk mendorong orang-orang agar lebih peduli dengan lingkungan, terutama dalam mengurangi polusi udara, sambil berolahraga yang baik untuk kesehatan tubuh. Gaya hidupnya ini mendapatkan banyak pujian dari netizen.

"Kerja yang bagus Pak! Generasi muda di negara ini membutuhkan orang-orang seperti Anda. Semoga Anda bisa terus menginspirasi kami," puji seorang netizen.
Pasangan Ini Setiap Hari Jalan Kaki 10 KM untuk Belanja SayuranFoto: Istimewa

"Anda merupakan inspirasi untuk kami semua. Anda menampilkan sebuah perubahan dari bagian birokrasi India. Salut!" lanjut netizen lainnya.

Sementara banyak juga netizen yang mulai tertarik mencoba untuk berbelanja ke pasar dengan jalan kaki, dan menggunakan wadah bambu.

Baca Juga: India Punya 'Kafe Sampah', Sampah Plastik Ditukar dengan Makanan

Simak Video "Nestle Hadirkan Solusi Sedotan Kertas, Yakin Lebih Ramah Lingkungan?"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)