Jagung Tergolong Jenis Buah, Sayur atau Bijian Ya?

Milla Kurniaputri - detikFood Kamis, 26 Sep 2019 08:30 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Sering dikonsumsi karena rasanya renyah manis, sebenarnya jagung masuk kategori buah, sayuran, atau bijian ya? Seorang profesor pun angkat bicara.

Jagung telah menjadi makanan yang sering dikonsumsi. Bisa diolah dengan berbagai masakan atau dimakan langsung. Memiliki rasa yang renyah dan manis, jagung banyak dipakai sebagai pelengkap dalam membuat sayur bening hingga sup krim.

Jagung Tergolong Jenis Buah, Sayur atau Bijian Ya?Foto: iStock

Bagi yang gemar makan jagung, tentu penasaran sebenarnya jagung jenis buah, sayur, atau biji-bijian. Anda bisa membedakan buah dan sayuran tergantung pada bagian tanaman yang Anda makan. Jika Anda memakan bagian yang berasal dari ovarium atau jaringan reproduksi lainnya, Anda bisa menyebut itu adalah buah.

Baca Juga: Cegah Anemia, Jagung Enak Diolah jadi Salad hingga Sup Krim

MSN (25/9) melaporkan Marvin Pritts, seorang profesor hortikultura di Cornell University mengatakan bahwa jagung adalah jenis buah, "Jagung adalah biji yang berasal dari bunga atau indung telur tanaman jagung. Jadi secara teknis jagung adalah buah," ungkapnya.

Jagung Tergolong Jenis Buah, Sayur atau Bijian Ya?Foto: iStock

Ia juga mengatakan bahwa jagung adalah caryopsis, yang merupakan jenis buah di mana pericarp (buah yang berdaging) dan lapisan biji menyatu erat. Ini artinya mereka tidak memiliki lapisan berdaging yang sebenarnya. Dan caryopsis ternyata juga nama lain dari biji-bijian.

Jadi Marvin menyimpulkan bahwa biji-bijian sama saja dengan buah. Dan artinya jagung termasuk jenis biji-bijian dan juga buah, sama seperti gandum atau oats.

Baca Juga: Mentimun Itu Tergolong Jenis Sayuran atau Buah Ya?



Simak Video "Olahan Sederhana Ampok Goreng yang Menggiurkan"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/adr)