Orang Malaysia Sebut Rambutan Buah Asli Negaranya, Netizen Protes Keras

Devi Setya - detikFood Selasa, 24 Sep 2019 13:00 WIB
Foto: istimewa/twitter Foto: istimewa/twitter
Jakarta - Masyarakat Malaysia memang beberapa kali sempat heboh karena mengakui makanan negara lain sebagai makanan khasnya. Kali ini yang menjadi rebutan adalah rambutan.

Di Indonesia, 'tragedi' rebutan makanan ini bukanlah hal baru. Malaysia pernah mengklaim rendang hingga cendol Indonesia sebagai makanan khasnya. Kini netizen Malaysia meributkan buah rambutan yang juga diklaim sebagai buah asli Malaysia.

Dikabarkan World of Buzz (24/9) netizen Malaysia melabrak seorang komedian Singapura yang menyebut rambutan adalah buah tropis dari Thailand. Komedian Singapura bernama Hirzi ini awalnya mengunggah foto yang menunjukkan cara menyantap rambutan.
Orang Malaysia Sebut Rambutan Buah Asli Negaranya, Netizen Protes KerasFoto: istimewa/twitter

Baca juga : Bentuknya Unik, Rambutan Disebut "Buah Alien" Dalam Tayangan Ini

Ia menuliskan kalimat pada unggahannya ini."Saya tunjukkan bagaimana cara makan buah tropis dari Thailand ini," kata Hirzi sambil berpose makan rambutan yang belum dikupas.

Ternyata konten yang diunggah Hirzi ini membuat netizen Malaysia geram. Ada satu netizen yang melabrak Hirzi lewat pesan singkat di medsosnya.

"Siapa bilang itu buah dari Thailand??? Hmmm, ini buah Rambutan dari Malaysia," kata netizen Malaysia. Diakui Hirzi, netizen ini juga mengatakan ia telah melakukan perampasan buah.

Pesan ini kemudian diunggah ulang oleh Hirzi sambil membubuhkan kalimat "Orang-orang Malaysia dan makanan mereka yang tak pernah selesai," kata Hirzi.
Orang Malaysia Sebut Rambutan Buah Asli Negaranya, Netizen Protes KerasFoto: istimewa/twitter

Meski tak merasa tersulut emosi, Hirzi membuktikan kalau netizen Malaysia mudah mengakui makanan. "OMG Malaysia. Bukankah rambutan buah-buahan Allah? Rambutan tidak memiliki paspor. Hanya karena buah, jangan menyebabkan pertengkaran di antara Nusantara. Bagaimana jika buahnya tumbuh di Thailand, jangan bilang Anda akan menelpon departemen imigrasi dan melaporkan rambutan sebagai imigran ilegal," beber Hirzi.

Setelah didalami, rambutan tidak bisa diklaim dari negara manapun karena buah ini bisa tumbuh di Asia Tenggara. Postingan Hirzi ini menjadi viral dan sudah diretweet lebih dari 3.000 kali. Ternyata banyak juga netizen dari negara lain yang mengakui kalau rambutan bisa tumbuh di negaranya.
Orang Malaysia Sebut Rambutan Buah Asli Negaranya, Netizen Protes KerasFoto: istimewa/twitter

Baca juga : Mumpung Lagi Musim, Ini 5 Jenis Rambutan Manis Renyah yang Bisa Dipilih

"Indonesia juga ada rambutan. Haruskan kita rebutan rambutan?" kata netizen asal Indonesia.

"Hallo hallo, rambutan juga bisa tumbuh di Filipina dan sekarang sedang musim rambutan di sini," ujar netizen Filipina.



Simak Video "Menjajal Kesegaran Air Mata Kucing dari Malaysia"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)