Kenapa 'White Chocolate' Tidak Berwarna Cokelat?

Milla Kurniaputri - detikFood Selasa, 24 Sep 2019 10:30 WIB
Foto: iStock
Jakarta - Dari banyaknya varian cokelat, white chocolate atau cokelat putih adalah cokelat yang memiliki warna berbeda. Ada bahan utama yang membuat cokelat ini tak berwarna cokelat.

Siapa yang tak suka makanan manis satu ini? Cokelat telah hadir dalam berbagai variasi. Dari semua varian cokelat yang ada, mungkin salah satu varian yang berbeda adalah cokelat putih. Cokelat ini sama sekali tidak berwarna cokelat namun rasanya seperti cokelat, bahkan rasanya cenderung seperti susu.

Lantas sebenarnya apa itu cokelat putih? Bahan apa saja yang ada pada cokelat tersebut? Dilansir dari MSN (23/9), cokelat putih hanya terbuat dari cocoa butter, tidak seperti cokelat pada umumnya. Bahan pembuatannya juga berbeda.

Kenapa 'White Chocolate' Tidak Berwarna Cokelat?Foto: iStock

Baca Juga: Yuk, Buat Selai Praktis Paduan Green Tea dan White Chocolate yang Legit

Banyak orang tahu bahwa cokelat jenis apapun terbuat dari tanaman cacao. Dalam proses pembuatannya, biji cacao itu diproses dari mulai pemanggangan hingga penggilingan dan penumbukan. Dalam proses tersebut, sebagian biji cacao ini meleleh menjadi lemak nabati.

Lemak tersebut dinamai cocoa butter. Sedangkan biji cocoa yang tidak meleleh akan hancur menjadi bubuk cocoa. Kemudian kedua bahan ini dicampurkan. Maka jadilah cairan cokelat yang menjadi dasar pembuatan semua cokelat.

Kenapa 'White Chocolate' Tidak Berwarna Cokelat?Foto: iStock

Namun berbeda dengan bahan utama dari cokelat putih, cokelat putih hanya membutuhkan cocoa butter saja. Cocoa butter yang sudah leleh tersebut akan dicampurkan dengan susu dan gula. Maka inilah cairan yang menjadi dasar pembuatan cokelat putih.

Karena tidak mengandung bubuk dari biji cocoa, cairan tersebut tidak berwarna cokelat. Rasanya pun tidak pahit, tidak seperti cokelat biasanya.

Kenapa 'White Chocolate' Tidak Berwarna Cokelat?Foto: iStock

Namun karena adanya campuran cocoa butter dalam cokelat putih itulah yang membuatnya tetap memiliki sensasi rasa dan aroma yang serupa dengan cokelat pada umumnya. Maka cokelat putih tetap dimasukkan dalam kelompok cokelat.

Syaratnya mengandung setidaknya 20 persen cocoa butter, minimum 14 persen susu, 3,5 persen lemak susu, dan maksimum 55 persen gula atau pemanis lainnya. Cokelat putih pun kini banyak dibuat oleh produsen cokelat ternama dunia.

Baca Juga: Apa Benar Cokelat Dapat Tingkatkan Gairah Seksual?



Simak Video "Bikin Laper: Mie Godhog Jawa yang Menggoyang Lidah"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/adr)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com