Rekomendasi Tempat Makan

Hangatkan Badan Siang Ini dengan Semangkuk Bakso Gepeng

Sonia Basoni - detikFood Kamis, 19 Sep 2019 11:30 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Bakso sapi dari Pontianak ini disajikan dengan kaldu bertabur bawang putih cincang. Baksonya bentuk pipih yang kenyal. Anda bisa mampir makan bakso di 5 tempat ini.

Selain racikan kwetiaw dan bakmi kepitingnya yang terkenal, Pontianak juga punya bakso sapi yang tak kalah enak. Berbeda dengan bakso dari pulau Jawa, bakso khas Pontianak ini punya ciri khas bakso gepeng dan tambahan tahu bakso. Juga memakai kwetiaw sebagai pengganti mie atau bihun.

Di Jakarta ada lima tempat makan yang terkenal dengan bakso sapi khas Pontianaknya yang enak. Ditambah dengan perasan jeruk lemon cui dan sambal rawit merah, rasa bakso ini semakin segar dan gurih mantap.

Baca Juga: Nyam! Bakso Gepeng yang Kenyal Gurih Khas Pontianak


1. Bakso Sapi Singkawang 28

Hangatkan Badan Siang Ini dengan Semangkuk Bakso GepengFoto: Istimewa

Singkawang dan Pontianak jaraknya tak terlalu jauh, sehingga bakso gepeng juga terkenal di sana. Nah, di wilayah Gunung Sahari, ada tempat makan bakso gepeng yang enak. Namanya Bakso Sapi Singkawang 28, buka dari jam 8 pagi hingga jam 11 malam.

Menu yang ditawarkan ada bakso sapi gepeng, bakso tahu, bakso goreng, hingga tahu goreng. Semua menu ini bisa dipadukan dengan kwetiaw atau bihun. Semangkuk bakso komplet dihargai sekitar Rp 28.000 saja, terdiri dari enam buah bakso enak. Ditambah dengan perasan jeruk lemon cui dan sambal yang pedas. Tersedia juga menu bakso tahu goreng yang tampilannya sekilas mirip seperti batagor.


Bakso Sapi Singkawang 28
Jl. Hidup Baru Raya No. 17A.
Gunung Sahari, Jakarta Selatan.
Telp: 0818 07566620


2. Kwetiaw Sapi Mangga Besar 78

Hangatkan Badan Siang Ini dengan Semangkuk Bakso GepengFoto: Istimewa

Di wilayah Senopati ada restoran Kwetiaw Sapi Mangga Besar 78 yang merupakan cabang dari Mangga Besar. Di sini konsepnya seperti resto modern, jadi pengunjung lebih nyaman untuk makan langsung di tempat. Selain kwetiawnya yang enak, tersedia juga menu bakso sapi gepeng yang tak kalah menggoda selera.

Di sini bakso sapinya disajikan tanpa kwetiaw atau bihun, hanya kuah polos dengan taburan bawang dan perasan jeruk nipis. Tapi rasanya tetap enak, karena bakso sapinya cukup kenyal. Terdapat juga pilihan lain, seperti bakso sapi urat, atau bakso ikan. Dengan kisaran harga sekitar Rp 40.000 saja.

Kwetiaw Sapi Mangga Besar 78
Jl. Wolter Monginsidi No. 80.
Senopati, Jakarta Selatan.
Telp: 087880767878


3. Bakso Gepeng Super King 89

Hangatkan Badan Siang Ini dengan Semangkuk Bakso GepengFoto: Istimewa

Meski namanya bakso gepeng, tapi ada juga bakso sapi bulatnya. Dari Pontianak, Bakso Gepeng Super King 89 ini sudah terkenal di Jakarta Barat. Tempat makannya memang sederhana, tapi untuk masalah rasa tak perlu diragukan lagi. Pilihan baksonya ada yang gepeng, urat, dan halus.

Satu mangkuk bakso disajikan dengan kwetiaw yang mulur kenyal. Kalau suka urat, bisa tambah topping potongan urat yang krenyes gurih. Harganya juga lumayan terjangkau, satu porsinya dibanderol sekitar Rp 17.000 saja. Selain menu bakso, tak ketinggalan racikan kwetiaw goreng atau siram, bihun, hingga sop sapi gaya Pontianak.

Bakso Gepeng Super King 89
Jl. Taman Surya 2 (Dekat Pintu Gerbang Taman Surya 2). Cengkareng, Jakarta Barat.
Telp: 081325784682


4. Baso AHA

Hangatkan Badan Siang Ini dengan Semangkuk Bakso GepengFoto: Istimewa

Di antara kafe dan restoran kekinian yang ada di Senopati, tempat makan Baso AHA tak pernah sepi dari pengunjung. Racikan bakso gaya Pontianak ini, terkenal dengan bakso gepengnya yang kenyal, dan campuran tahu bakso yang besar. Di sini semua bakso dibuat tanpa bahan pengawet dan MSG.

Biasanya bakso disajikan dengan bihun putih, seledri, dan bawang putih goreng. Pilihan baksonya ada bakso urat, bakso halus, bakso gepeng, dan bakso tahu. Kisaran harganya dari Rp 22.000. Tersedia juga aneka menu pempek, siomay, hingga ayam goreng dan bebek goreng.

Baca Juga: Aha... Ini Dia Bakso Lezat!

Baso AHA
Jl. Senopati 1, Senopati, Jakarta Selatan.
Telp: 021 5213035


5. Amung Kwetiau & Bakso Sapi

Hangatkan Badan Siang Ini dengan Semangkuk Bakso GepengFoto: Istimewa

Terkenal dengan racikan kwetiaw dan bakso sapi gaya Pontianak, restoran Amung di Mangga Dua selalu dipenuhi pengunjung. Banyak pelanggan setia yang sejak dulu sudah makan di sana, ditambah dengan menu makanan yang klasik dan tak pernah berubah.

Di sini seporsi bakso disajikan tanpa bihun atau kwetiaw. Melainkan menggunakan tauge, sawi, irisan daging sapi royal, bakso gepeng, dan tahu bakso yang besar. Rasa kuah kaldunya gurih tapi tetap ringan, berpadu dengan bakso gepeng yang kenyal, menyantap bakso ini tak akan mengecewakan. Tersedia juga pilihan bakso halus atau urat, dengan tambahan babat, urat, sengkel, atau tahu. Kisaran harganya sekitar Rp 31.000 saja.

Amung Kwetiau & Bakso Sapi
Jl. Mangga Dua Raya No. 12.
Pnangsia, Taman Sari, Jakarta Barat.



Simak Video "Battle 3 Bakso Rusuk Populer, Mana yang Paling Lezat?"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)