Nyam! Bakso Gepeng yang Kenyal Gurih Khas Pontianak

Odilia Winneke Setiawati - detikFood Minggu, 04 Agu 2019 09:00 WIB
Foto: detikfood
Pontianak - Pencinta bakso wajib mampir ke warung baksi sapi ini. Bakso sapi disajikan dalam beragam bentuk. Salah satunya bakso gepeng khas Pontianak.

Mencari makanan halal di Pontianak tidaklah sulit. Apalagi jka ingin ngebakso. Salah satu yang wajib Anda datangi adalah warung Bakso Daging Sapi PSP. Warung sederhana ini berlokasi di Jl/ AR Hakim. Letaknya persis di seberang SD - SMP Susteran. Makanya selalu ramai di jam pulang sekolah.

Selintas tak ada yang beda dengan warung bakso umumnya. Di bagian depan ditaruh gerobak untuk meracik bakso. Di bagian belakang ada bangku-bangku kayu dengan menja untuk menikmati bakso.

Warung ini ada di bangunan stadion PSP dan dekat tempat pusat oleh-oleh Pontianak. Boleh dibilang warung makan ini terlihat tak terlalu rapi, ada beberapa bagian yang terlihat berantakan. Meski demikian mereka punya 5 cabang di Pontianak.


Nyam! Bakso Gepeng yang Kenyal Gurih Khas PontianakFoto: detikfood


Boleh dibilang bakso PSP ini bakso sapi legendaris. Kabarnya jadi pelopor bakso gepeng khas Pontianak. Menunya juga tak banyak. Tinggal pilih saja bakso biasa, bakso gepeng, bakso urat, dan bakso tahu. Isiannya bisa tambah mie kuning atau putih. Semua bakso ditaruh wadah plastik dan ditambahkan kaldu mendidih saat diracik. Dibumbui bawang putih cincang goreng, lada dan garam.

Yang jadi andalan adalah bakso gepeng. Bentuknya pipih, warnanya seperti bakso sapi biasa. Bakso gepeng ini jadi ciri khas bakso sapi Pontianak. Membuatnya juga sedikit rumit dibandingkan bakso sapi biasa.

Nyam! Bakso Gepeng yang Kenyal Gurih Khas PontianakFoto: detikfood


'Baksonya dari daging sapi yang harus seger dari pasar langsung diolah dan panas-panas dibentuk dan dipipihkan. kalau bukan daging segar rasanya tidak enak. Kayak basi gitu,' jelas salah seorang pelayan yang memakai kaos seragam.

Satu mangkuk bakso komplet (Rp 25.000) disajikan dalam mangkuk sedang. Nyaris meluap kuahnya yang panas mengepul. Aroma gurih kaldu bersambungan dengan gurih wangi bawang putih goreng. Hirupan pertama terasa gurih kaldu daging yang kuat.

Tekstur bakso gepengnya kenyal tetapi garing dan gurih dagingnya terasa kuat. Permukaan dagingnya licin mulus. Sementara bakso uratnya kenyal bertesktur, bakso halusnya biasa saja tekaturnya. Bakso tahunya cukup enak karena memakai tahu yang lembut dan tidak terlalu besar ukurannya.

Sayangnya mie kuningnya bukan kualitas bagus. Bahkan kami melihat, mereka memakai mie kering instan yang sudah ketebak rasanya. Sayang sekali kaldu dan bakso yang enak disanding dengan mie instan yang terlihat asal saja dipilih.

Sebaiknya memang memesan tanpa tambahan mie. Bisa ditambah kucuran jeruk kecil, sambal rawit merah khas Pontianak yang menyengat dan sedikit kecap manis kalau suka. Setelah diaduk barulah terasa gurih mantap.

Nyam! Bakso Gepeng yang Kenyal Gurih Khas PontianakFoto: detikfood

Sebagai penghilang rasa gurih di mulut paling pas dibilas dengan segelas jeruk kecil (lemon cui) yang segar, asam dan harum. Porsi royalnya membuat kenyang dan es jeruk kecilnya bikin mata melek. Mantap betul!

Kalau mau jajan bakso ini bisa langsung ke Bakso Sapi PSP Jl. Ar. Hakim, Darat Sekip Kota Pontianak Kalimantan Barat. Jam bukanya dari jam 09.00 sampai jam 21.00.






Simak Video "Bikin Laper: Cobain Mi Kepiting Pontianak Jumbo Rp 55 Ribu"
[Gambas:Video 20detik]
(odi/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com