Fakta Kiva Han, Kedai Kopi Pertama di Dunia yang Ada Sejak 1554

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Rabu, 18 Sep 2019 17:03 WIB
Halaman 2 dari 6
Foto: Istimewa

1. Penemuan tanaman kopi
Sebelum membicarakan kedai kopi pertama di dunia, pencinta kopi perlu tahu sejarah tanaman kopi dan persebarannya. Turkish Coffee World (18/9) menjelaskan tanaman kopi pertama ditemukan di Ethiopia pada abad 11. Tanaman ini memiliki bunga putih yang harumnya mirip melati. Sementara buahnya merah mirip cherry. Daun tanaman kopi juga sempat dimanfaatkan sebagai obat.

Kala itu daun dari tanaman yang disebut 'buah ajaib' ini direbus dalam air hingga menghasilkan ramuan mirip obat. Perlahan, tanaman kopi semakin banyak dikenal orang dan menyebar ke berbagai negara. Salah satunya Yaman yang ada di Jazirah Arab. Dari Yaman, 'perjalanan' kopi berlanjut sampai ke Istanbul, Turki yang kala itu namanya masih Konstantinopel.

Tepatnya pada tahun 1554, tanaman kopi hadir pada masa pemerintahan Sultan Suleiman di sana. Selanjutnya di Istana Ottoman dikenal metode baru menikmati kopi. Biji kopi mulai dipanggang di atas api, ditumbuk halus, lalu direbus perlahan dengan air di atas api arang. Aroma dan rasa kopi yang nikmat pun membuat minuman kafein ini cepat dikenal banyak orang.

(adr/odi)