Fakta Kiva Han, Kedai Kopi Pertama di Dunia yang Ada Sejak 1554

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Rabu, 18 Sep 2019 17:03 WIB
Halaman 1 dari 6
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Sekarang jumlah kedai kopi sudah tidak terhitung. Tapi tahukah Anda kalau kedai kopi pertama di dunia sudah ada sejak tahun 1554. Seperti apa kisahnya?

Kedai kopi atau coffee shop kini mudah ditemui di berbagai lokasi, tak terkecuali di kota-kota besar di Indonesia. Di sini beragam minuman kopi disajikan. Mulai dari racikan kopi sederhana sampai yang modern seperti ditambahkan sirup perasa, whipped cream, dan topping istimewa lainnya.

Terdapat dua jenis kedai kopi di Indonesia yaitu kedai kopi tradisional dan modern. Umumnya kedai kopi tradisional hanya menyajikan sedikit menu dalam balutan suasana yang masih tradisional juga. Ada kopi hitam dan kopi susu yang jadi menu favorit. Harganya juga relatif masih murah.

Baca Juga: 10 Kedai Kopi Jadul di Indonesia, Ada yang Sejak Zaman Kolonial

Lain lagi dengan kedai kopi modern dimana suasananya kekinian dengan pilihan menu yang sangat beragam. Biasanya kedai kopi ini lebih banyak dihuni anak-anak muda. Tapi tahukah kamu kalau kedai kopi memiliki sejarah panjang? Kedai kopi pertama di dunia sangat jauh dari kesan modern.

Tempat menikmati kopi ini berada di sebuah negara yang juga lekat dengan kebudayaan kopi. Lantas seperti apa sejarah hadirnya kedai kopi pertama di dunia? detikFood (18/9) merangkum informasinya dari berbagai sumber seperti berikut.

(adr/odi)