Warung Tenda Daerah

Ini Sebabnya Spanduk Warung Pecel Lele Dibuat Pakai Warna Mencolok

Riska Fitria - detikFood Sabtu, 14 Sep 2019 15:00 WIB
Foto: Hartono/detikFood Foto: Hartono/detikFood
FOKUS BERITA Warung Tenda Daerah
Jakarta - Yang menarik dari warung tenda pecel lele adalah spanduknya yang selalu dibuat sama dengan warna-warna mencolok. Ternyata ini alasannya.

Mudah untuk menemukan warung tenda pecel lele khas Jawa Timuran. Itu bisa dilihat dari spanduk yang terpasang di warung tenda tersebut.

Spanduknya unik, tertulis nama warung pemilik beserta menu yang tersedia. Juga terdapat gambar-gambar dari menu tersebut, seperti ayam, lele, ikan dan bebek yang selalu terpampang di setiap spanduk pecel lele.
Ini Sebabnya Spanduk Warung Pecel Lele Dibuat Pakai Warna MencolokFoto: Istimewa

Pemilihan warna untuk spanduk pecel lele tersebut selalu dibuat dengan warna-warna yang ngejreng dan mencolok. Uniknya, semua warung tenda pecel lele selalu menggunakan spanduk dengan model yang sama.

"Itu karena pengrajin spanduk pecel lele masih terbilang jarang. Jadi kebanyakan orang memesan spanduk di satu orang yang sama," jelas Hartono sebagai pengrajin spanduk pecel lele kepada detikFood (12/9).

Lebih lanjut, Hartono yang sudah merintis usaha spanduk sejak tahun 1992 ini mengatakan bahwa kesamaan rupa yang digunakan pada spanduk juga untuk menyelaraskan satu sama lain. Sehingga bisa menjadi ciri khas dari pecel lele itu sendiri.
Ini Sebabnya Spanduk Warung Pecel Lele Dibuat Pakai Warna MencolokFoto: Hartono/detikFood

Biasanya warna ngejreng yang digunakan tersebut ada seperti warna stabilo mulai dari kuning, oren hingga hijau. Bukan tanpa alasan, ternyata pemilihan warna tersebut memiliki maksud tersendiri.

Baca Juga : Punya 5.000 Anggota di Jakarta, Ini Kisah Paguyuban Soto Lamongan

"Ya supaya bisa jadi daya tarik pembeli yang lewat apalagi saat malam hari. Kalau kita pakai warna-warna mati nanti gak kelihatan terang pas malam," ungkapnya.

Usaha spanduk milik Hartono ini berawal dari hobinya yang gemar melukis. Awalnya, Hartono juga memiliki warung pecel lele. Kemudian saat membutuhkan spanduk untuk warungnya, ia mencoba untuk membuat spanduk sendiri.
Ini Sebabnya Spanduk Warung Pecel Lele Dibuat Pakai Warna MencolokFoto: Hartono/detikFood

Dari situlah spanduk pecel lele mulai dilihat orang, bahkan kerabat dan temannya tertarik untuk memesan spanduk dengan model yang sama. Hingga saat ini bisnisnya sudah berkembang pesat. Pesanan pun berdatangan, tidak hanya dari Jabodetabek, tetapi juga berbagai daerah lainnya.

Awalnya spanduk pecel lele dibuat dengan cara dilukis secara keseluruhan, mulai dari huruf hingga pada bagian gambar. Namun, seiring banyaknya pesanan yang tidak dibarengi jumlah SDM membuat Hartono harus menyablon khusus di bagian hurufnya.

"Bagian hurufnya disablon, tapi masih saya kasih sentuhan lukisan tangan sedikit. Kalau untuk gambar itu full lukisan,"

Untuk satu spanduk, proses pembuatannya bisa memakan waktu berhari-hari. Tergantung dengan berapa banyak jumlah gambar yang diminta oleh pemesan. Pembuatannya itu dilakukan di rumahnya sendiri yang berada di kawasan Bekasi.

Baca Juga : Ini 5 Keunikan Soto Lamongan yang Bikin Aruna Ketagihan

Simak Video "Cita Rasa Pecel Ayam hingga Bebek Legendaris untuk Buka Puasa"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)
FOKUS BERITA Warung Tenda Daerah