Ini 5 Menu Sarapan Yang Cocok Untuk Penderita Tekanan Darah Tinggi

Devi Setya - detikFood Jumat, 13 Sep 2019 06:30 WIB
Foto: Thinkstock Foto: Thinkstock
Jakarta - Hanya dengan mengatur asupan makanan, orang dengan tekanan darah tinggi tidak perlu tergantung obat. Ada banyak menu sarapan yang bisa mengontrol tekanan darah tinggi.

Dilansir dari Live Strong (13/9) ada beberapa jenis menu sarapan yang secara alami akan menurunkan hipertensi atau tekanan darah tinggi.
Penderita tekanan darah tinggi biasanya memiliki tekanan darah lebih dari 140/90 mmHg secara terus menerus.

Penelitian yang dilansir Harvard Health Publication menunjukkan ada beberapa makanan yang membantu mengatasi tekanan darah tinggi. Berikut ini beberapa makanan yang disarankan untuk disantap para penderita tekanan darah tinggi.

1. Orak-arik putih telur
Ini 5 Menu Sarapan Yang Cocok Untuk Penderita Tekanan Darah Tinggi Foto: Instagram

Putih telur mengandung asam amino dalam jumlah banyak. Berdasarkan penelitian yang dilakukan American Chemical Society pada April 2013, zat ini membantu menurunkan tekanan darah layaknya mengonsumsi obat.

Selain itu, putih telur juga menyumbang protein pada tubuh. Sarapan dengan orak-arik putih telur bisa jadi pilihan karena menu ini juga tak mengandung lemak telur.

Anda bisa menambahkan sayuran untuk meningkatkan nutrisinya. Coba kombinasikan tomat dan bayam pada olahan telur, atau Anda juga bisa menambahkan keju untuk rasa yang lebih lezat.

2. Gandum utuh
Sarapan dengan menu yang mengandung biji-bijian juga bisa jadi pilihan tepat untuk mengontrol tekanan darah tinggi. Manfaatkan menu sarapan yang mengandung gandum untuk membantu menormalkan tekanan darah di pagi hari.

Ada banyak pilihan menu yang menggunakan tambahan biji-bijian. Anda bisa mengonsumsi sereal gandum yang dipadu dengan chia seed. Campurkan juga dengan aneka buah untuk rasa yang lebih enak. Kalau ada muffin gandum, Anda bisa mengandalkan menu ini sebagai menu sarapan sehat.

Baca juga : 5 Makanan yang Baik Dikonsumsi Penderita Tekanan Darah Tinggi

3. Yogurt
Ini 5 Menu Sarapan Yang Cocok Untuk Penderita Tekanan Darah Tinggi Foto: iStock

Sekitar segelas yogurt tanpa lemak yang dikonsumsi pagi hari sudah memasok setengah kebutuhan kalsium harian. Selain enak dan kaya nutrisi, yogurt juga bisa jadi solusi sarapan sehat yang memberi dampak positif pada penderita tekanan darah tinggi.

Tak hanya bisa menyantapnya langsung, yogurt akan memberi dampak lebih baik lagi jika dikombinasikan dengan makanan lain. Campurkan yogurt dengan tambahan buah atau kacang-kacangan yang tinggi antioksidan.

4. Buah-buahan dan kacang
Pilihan buah seperti pisang, apel, blueberry dan strawberry bisa jadi menu sarapan sehat sekaligus menyegarkan. Apel dan pisang menyumbang kalium dan magnesium sementara blueberry dan strawberry kaya akan antosianin serta antioksidan.

Tak hanya buah, aneka kacang-kacangan juga bisa menurunkan tekanan darah saat pagi hari. Pilih jenis kacang kenari atau kacang almond yang mengandung magnesium tinggi.

5. Susu kedelai dan jus buah
Ini 5 Menu Sarapan Yang Cocok Untuk Penderita Tekanan Darah Tinggi Foto: Istimewa

Susu kedelai termasuk sumber asupan yang kaya nutrisi nabati. Kandungan isoflavon pada susu kedelai terbukti menurunkan tekanan darah dengan cara melebarkan pembuluh darah. Anda bisa meminumnya langsung ataupun mencampur susu kedelai dengan sereal gandum.

Selain susu kedelai, Anda juga bisa menikmati sarapan enak seperti jus jeruk dan jus tomat. Segelas jus jeruk dan jus tomat tanpa gula bisa menurunkan tekanan darah, merilis stress dan bahkan membuat tubuh lebih segar.

Baca juga : 3 Minuman yang Ampuh Untuk Turunkan Tekanan Darah Tinggi

Simak Video "Buka Gerai Flagship, 'Goola x Mangkok Ku' Siap Ekspansi ke Australia"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)