Ini yang Terjadi Pada Tubuh Jika Kamu Menunda Makan

Milla Kurniaputri - detikFood Jumat, 13 Sep 2019 10:00 WIB
Foto: istimewa Foto: istimewa
Jakarta - Padatnya aktivitas sering kali membuat kamu menunda makan. Padahal dengan menunda makan, akan berdampak buruk bagi kesehatan.

Kamu tentu sering menunda makan ketika sedang sibuk-sibuknya bekerja atau mungkin kamu lupa untuk makan siang. Padahal hal itu bisa berdampak buruk untuk kesehatan. Dilansir dari Prevention (10/9), inilah yang akan terjadi pada tubuh jika kamu menunda atau melewatkan makan.

1. Merasa lelah
Ini yang Terjadi Pada Tubuh Jika Kamu Menunda MakanFoto: istimewa

Melewatkan makan atau tidak konsumsi makanan yang cukup di siang hari benar-benar dapat membuat kepala kamu pusing bahkan terasa ingin pingsan.

"Ini disebabkan oleh penurunan glukosa darah. Sebab ketika kamu tidak memberi makan otak, maka hal ini dapat memberi sinyal kepada tubuh (pusing) bahwa kamumemang harus makan," kata Frances Largeman-Roth, RDN, pakar nutrisi dan kesehatan. Inilah sebabnya mengapa jika kamu sedang diet, pastikan kamu melakukannya dengan benar dan memiliki jadwal makan yang sudah ditentukan.

2. Akan makan berlebih di jam makan berikutnya

"Ketika orang melewatkan waktu makan, ia akan cenderung makan berlebihan di jam makan berikutnya. Tetapi jika kamu bisa membagi makanan itu di sepanjang harinya, maka tubuh dapat menggunakan nutrisi itu dengan lebih efisien," jelas Bonnie Taub-Dix, RDN, pencipta BetterThanDieting.com.

Taub-Dix menganggap bahwa tubuh itu sama seperti pengolah makanan. Jika kamu makan secara bertahap, maka nutrisi yang ada pada makanan akan bekerja dengan baik, tetapi jika kamu makan dengan jumlah banyak sekaligus (setelah melewatkan makan, kamu langsung rakus), maka nutrisi yang ada pada makanan tidak akan bekerja seefisien mungkin.

Untuk membantu tubuh kamu berfungsi dengan baik, pastikan untuk makan tiga kali setiap harinya. Kemudian jika perut sudah bunyi dan merasa lapar, itu tandanya kamu harus makan. Menurut Taub Dix, ketika kamu ingin makan tidak perlu berpatokan pada waktu makan.

3. Mood jadi berantakan
Ini yang Terjadi Pada Tubuh Jika Kamu Menunda MakanFoto: istimewa

Kamu harus tahu, bahwa ketika kamu melewatkan makan terus menerus, maka gula darah akan turun, sehingga kamu akan merasakan "hangry". Hal ini dibenarkan oleh ahli diet.

"Glukosa adalah bahan bakar nomor satu untuk otak sehingga ketika kita tidak memilikinya, itu dapat membuat suasana hati kamu menjadi sangat buruk," kata Largeman-Roth. Itu sebabnya jika kamu melewatkan makan dan akhirnya merasa lapar, jangan makan camilan, kecuali jika camilan itu sehat. Sebab ketika orang memiliki gula darah yang sangat rendah, mereka akan cenderung mencari makanan yang sangat berlemak atau penuh gula.

4. Berat badan tidak ideal
Ini yang Terjadi Pada Tubuh Jika Kamu Menunda MakanFoto: istimewa

Jika kamu berpikir dengan melewatkan makan akan membantu turunkan berat badan, itu sangat tidak benar. Sebab jika kamu merasa lapar, kamu akan cenderung mengonsumsi lebih sedikit kalori, kemudian kemungkinan besar Anda akan menginginkan makanan yang tidak sehat, yang dapat menyebabkan siklus berbahaya dari diet yo-yo.

Diet yo-yo dapat mengacaukan metabolisme istirahat kamu. Sebab waktu makan menjadi sangat tidak terduga. Hormon lapar juga bisa jadi kacau jika kamu melewatkan makan. Tubuhmu mungkin akan menghasilkan lebih sedikit leptin (hormon kelaparan yang mengurangi nafsu makan), namun hal ini dapat membuat kamu lebih sulit untuk membedakan ketika kamu sudah kenyang.

Baca Juga: Tak Lakukan Diet Ketat, Ini Rahasia Tubuh Ramping Jennifer Lawrence

Simak Video "Kangen Hainan Chicken Rice ala Singapura? Ke Sini Aja!"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)