Rekomendasi Makan Siang

Mari Makan Kenyang Ikan Tude dan Woku Balanga di Sini!

Riska Fitria - detikFood Rabu, 11 Sep 2019 12:00 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Biar tetap semangat, menu Manado yang pedas menyengat bisa jadi pilihan makan siang. Ikan tude, sambal roa hingga ayam rica-rica bisa jadi pilihan.

Makanan khas Sulawesi Utara yang memakai bumbu dan bahan segar selalu menggoda selera. Santap siang bisa diawali dengan bakwan jagung khas Manado dan dilanjutkan dengan pilihan menu ikan dan ayam yang beragam.

Mau ayam woku, cakalang rica, atau ikan bobora? Semuanya diracik dengan bumbu autentik. Jangan lupa pesan dabu-dabu lilang yang asam segar dan pedas. Lalu tutup santapan dengan klappertaart atau balapis yang legit enak. Nah, ini 5 rumah makan Manado yang bisa jadi pilihan siang ini.

1. Rumah Makan Manado Rasaroa
Mari Makan Kenyang Ikan Tude dan Woku Balanga di Sini!Foto : Instagram @rasaroa_restoran

Bersantap di restoran Rasaroa enak dilakukan bersama teman, karena konsep dari restoran ini sendiri memang dikhususkan untuk makan ramai-ramai. Terlihat dari meja-meja panjang dengan bangku yang ditata seperti ruang makan. Suasananya nyaman dengan dominasi warna putih dan abu-abu di sekeliling restorannya. Di sini ada banyak aneka menu Manado yang bisa Anda pilih.

Diracik oleh chef asli Manado sehingga rasanya autentik. Menunya ada seperti Ayam Garo Rica, Ikan Kakap Merah, Ikan Gurame Dabu-dabu, Ayam Daun Leilem dan Ayam Woku-woku yang paling sering dicari pengunjung. Satu porsi Ayam Woku-woku dibanderol dengan harga Rp. 55.000.

Rumah Makan Manado Rasaroa
Jl. Wijaya I No.75, RT.10/RW.1, Petogogan
Kebayoran Baru, Jakarta Selatan
(021) 29306812

2. RM Bunaken Indah
Mari Makan Kenyang Ikan Tude dan Woku Balanga di Sini!Foto: Instagram @bunakenindah_jkt

Di bilangan Senen, juga terdapat restoran Manado yang bisa disinggahi. Dikenal dengan nama Rumah Makan Bunaken Indah yang menawarkan makanan khas Manado tanpa mengandung babi. Tempatnya tidak terlalu besar, tetapi menu yang tersedia tak kalah lezat dari tempat yang lain. Meliputi berbagai varian, mulai dari menu olahan ikan, ayam, sayur hingga makanan penutup.

Di sini Anda juga bisa memesan menu paket dengan harga yang lebih hemat. Paket tersebut berisi nasi, satu jenis lauk, dan satu jenis sayur. Namun, juga ada menu ala carte seperti Sup Kacang Merah, Ayam Bumbu Manado, Tude Bakar dan Cakalang Pampis. Menu yang direkomendasikan adalah menu Cakalang Woku Kuning dengan harga Rp. 20.000.

RM Bunaken Indah
Jl. Prapatan I No.8, RT.9/RW.1
Senen, Jakarta Pusat
0811-8423-882

Baca Juga : Sedap Sekali! Pagi-pagi Makan Nasi Kuning Manado yang Pedas Gurih

3. Tikala Bistro
Mari Makan Kenyang Ikan Tude dan Woku Balanga di Sini!Foto : Instagram @tikala.bistro

Bergeser ke daerah Gambir, Anda juga bisa mampir ke restoran khas Manado dengan nama Tikala Bistro. Dari luar, restoran ini terlihat sederhana dengan, tetapi jika masuk ke dalamnya, restorannya didesain dengan modern mirip seperti cafe instagrammable. Terdapat banyak pajangan di dalamnya, seperti alat musik piano hingga foto galeri masakan Manado.

Menu andalannya Tude Kua Asang, Tinotuan, dan masih banyak lagi. Juga ada Ayam Woku yang porsinya sangat besar dan dagingnya empuk. Saking besarnya bisa disantap 3 hingga 4 orang. Ayam Woku dimasak dengan bumbu kuning yang khas. Untuk satu porsi dibanderol dengan harga Rp. 45.000.

Tikala Bistro
Jl. Suryopranoto No.73, RT.2/RW.7
Gambir, Jakarta Pusat
(021) 3520172

4. Bumbu Den
Mari Makan Kenyang Ikan Tude dan Woku Balanga di Sini!Foto : Instagram @Alexfoodism

Restoran yang satu ini menawarkan pengunjung menyantap makanan khas Manado dalam porsi besar. Restoran bernama Bumbu Den ini memiliki dua cabang yang keduanya berada di kawasan Kelapa Gading. Di sini terkenal dengan perkedel jagungnya yang lezat.

Menu olahan ikan banyak ditawarkan di sini. Seperti Ikan Mas, Ikan Bobara, Ikan Kakap, Ikan Baronan, Gurame hingga Ikan Tude. Yang jadi favorit pengunjung adalah Ikan Tude. Ikan kembung besar yang dibakar di atas bara api arang ini disajikan dengan dabu-dabu lilang dan sambal yang pedas. Cukup membayar sekitar Rp. 80.000 untuk dua orang.

Bumbu Den
Jl. Raya Boulevard Kelapa Gading Permai Blok QA1 No. 6
Kelapa Gading, Jakarta Utara
(021) 4515371

5. Cia'Jo Manadonese Grill
Mari Makan Kenyang Ikan Tude dan Woku Balanga di Sini!Foto : Instagram @ciajogrill

Bernama Cia'Jo Manadonese Grill, restoran khas Manado yang satu ini terkenal dengan rasa autentik beragam sajiannya. Memakai bumbu dan bahan segar hingga menjamin rasa lezatnya. Apalagi sambal roa yang jadi andalan di restoran ini, enak disantap dengan pisang goreng.

Selain itu juga ada ragam menu lainnya, seperti Jantung Pisang, Sop Brenebon Ayam, Ikan Bawal Bakar Rica hingga Sate Ayam Tambulinas. Menu Sate Ayam Tambulinas merupakan satu yang sering dicari pengunjung. Dagingnya empuk juicy dan disajikan dengan sambal dabu-dabu lilang. Satu porsi untuk menu tersebut dihargai senilai Rp. 11.500 per tusuknya.

Cia'Jo Manadonese Grill
Jl. Kramat Kwitang No.29, RW.4,
Kwitang, Jakarta Pusat
(021) 21393699

Baca Juga : Sedap Harum Ayam Woku Balanga Cocok Dinikmati Siang Ini

Simak Video "Manis! Seniman Prancis Bikin Tembok Berlin dari Cokelat"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)