Rekomendasi Makan Siang

Sedap Harum Ayam Woku Balanga Cocok Dinikmati Siang Ini

Sonia Basoni - detikFood Rabu, 08 Agu 2018 10:40 WIB
Foto: Instagram Foto: Instagram
Jakarta - Ayam yang dimasak dalam belangan membuat bumbunya meresap sempurna. Rasanya gurih, pedas dan harum aromanya. Dimakan dengan nasi hangat saja sudah enak.

Bumbu segar beragam jenis dan cabe merupakan ciri khas masakan Manado. Tambahan daun kemangi membuat olahan ayam ini makin menarik dinikmati.

Banyak restoran Manado di Jakarta punya sajian ayam dan ikan woku balangan yang sedap. Coba saja sambangi beberapa restoran ini saat makan siang.

Baca Juga: Sedapnya Ayam Masak di Buluh dan Woku Balanga!

1. Woku Blangan
Sedap Harum Ayam Woku Balanga Cocok Dinikmati Siang Ini Foto: Istimewa
Terletak di wilayah Thamrin, restoran yang satu ini terkenal dengan hidangan masakan Manado autentiknya. Semua bahan-bahan makanan dikirim langsung dari Manado untuk menjaga cita rasa aslinya. Di sini terkenal dengan menu ikan mujair lumpurnya yang tidak amis, dengan rasa manis gurih sedap.

Tapi menu ayam wokunya juga menjadi andalan. Rasa ayam woku dibuat lebih pedas, dengan dicampur dengan tumisan daun pepaya gurih dan nasi putih hangat. Kuah kuningnya yang kental, semakin menambah rasa lezat dari empuknya ayam rempah yang satu ini.

Woku Blangan
Jl. Sabang No. 19, Menteng, Jakarta.
Telp. (021) 3910417.

2. Galafea Manadonese Food

Sesuai namanya restoran ini juga menyajikan berbagai hidangan khas Manado. Terletak di wilayah Menteng, restoran ini tidak pernah sepi dari pengunjung terutama ketika di jam makan siang.

Di sini Anda bisa mencicipi mencicipi menu ayam wokunya yang juara. Perpaduan ayam dan bumbu woku meresap hingga sempurna, apalagi ada aroma jejak rempah dan daun kemangi di atasnya. Ayam woku juga cocok dipadukan dengan sambal roa, nasi kuning, hingga cakalang fufu.

Galafea
JL. Juana, no. 30.
Menteng, Jakarta Pusat.
No telp: 081291482469

3. Beautika
Sedap Harum Ayam Woku Balanga Cocok Dinikmati Siang Ini Foto: Istimewa
Sudah berdiri sejak tahun 1970, bisa dibilang restoran Manado yang satu ini masuk ke dalam salah satu restoran yang populer dan dikenal. Di sini terkenal dengan hidangan ikan, bubur Manado, mie ikan cakalang, hingga pisang goreng renyah.

Tentunya ayam woku di restoran ini juga terkenal dengan kelezatannya. Rasanya yang pedas, dengan aroman serai, kemangi, daun jeruk, salam, hingga kunyit meresap sempurna ke potongan daging ayam kampung yang gurih.

Beautika
Lot 8, Jl. Jenderal Sudirman, SCBD, Jakarta.
Telp. (021) 37582323.

4. Sarang Oci
Hidangan ayam memang tidak pernah kehilangan penggemarnya. Kalau bosan dengan agam geprek atau ayam bakar, bisa coba ayam woku di restoran Sarang Oci yang berada di Kebon Jeruk. Pasalnya ayam woku di sini, cukup berbeda dengan restoran lainnya.

Agam kampung dimasak dengan bumbu rempah khas Manado, hingga kuahnya menyusut dan kental. Aroman wangi dari berbagai daun juga masih segar, meski menggunakan ayam kampung, dagingnya tidak alot dan empuk. Semakin enak jika disantap dnegan acar kuning yang pedas.

Sarang Oci Restoran Manado
JL. Panjang Arteri no 99.
Kebon Jeruk, Jakarta Barat.
Telp: (021) 5329791

5. Bunga Pepaya
Sedap Harum Ayam Woku Balanga Cocok Dinikmati Siang Ini Foto: Istimewa
Restoran yang satu ini selalu ramai ketika makan siang. Meski punya menu makanan yang hampir sama denhan restoran Manado lainnya, tapi penyajian setiap makanan di sini selalu berbeda dan unik.

Di sini menu andalannya ada ayam woku kering. Ayam yang telah dibalur dengan bumbu woku, dioseng hingga kering dan garing. Tekstur luar ayam yang renyah, dan bagian dalamnya yang empuk, membuat hidangan yang satu ini pas disantap ketika makan siang. Selain ayam woku, di sini bisa pesan ikan bobara, sop brenebon iga, hingga sate ayam tambulinas.

Bunga Pepaya
JL. RP. Soeroso No. 16.
Menteng, Jakarta Pusat.
Telp: (021) 3141616

Baca Juga: Pangi Hingga Woku Belanga, Sajian Gurih Berempah Khas Sulawesi Utara

(dvs/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com