Warung Tenda Daerah

Tahu Campur Suroboyo yang Gurih Pedas Ada di 5 Warung Ini

Riska Fitria - detikFood Selasa, 10 Sep 2019 14:00 WIB
Halaman 1 dari 6
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
FOKUS BERITA Warung Tenda Daerah
Jakarta - Beberapa warung tenda yang berada di sekitaran Jakarta ini menawarkan menu tahu campur Jawa Timur. Berbumbu autentik memakai petis yang manis gurih.

Tahu campur merupakan makanan kaki lima khas Jawa Timur. Banyak dan mudah ditemui di daerah Surabaya. Sajiannya berupa tahu goreng yang dipotong-potong kemudian dicampur dengan isian lainnya. Biasanya diracik saat tahu campur dipesan dan disajikan hangat.

Yang unik tahu campur ini dilengkapi dengan lento alias perkedel singkong. Dibuat dari singkong kukus yang ditumbuk dan dicampur dengan bumbu. Ada yang dibentuk bola-bola sekepal tangan ada juga yang dibuat lempengan besar. Tergantung penjualnya.

Berasal dari Jawa Timur, tetapi tahu campur terkenal hingga ke Jakarta. Ini karena banyak warga Jawa Timur yang kemudian menetap di Jakarta. Tak hanya di rumah makan, tahu campur banyak dijajakan di warung tenda. Meski tergolong makanan kaki lima dengan harga terjangkau tetapi rasanya bikin ketagihan. Seperti racikan tahu campur di 5 warung tenda yang memakai nama dengan 'Cak' sebagai penanda asli Suroboyo ini. (raf/odi)
FOKUS BERITA Warung Tenda Daerah

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com