Apa Itu Dijon Mustard dan Mustard? Yuk, Kenali Bedanya!

Milla Kurniaputri - detikFood Selasa, 10 Sep 2019 10:00 WIB
Foto: iStock
Jakarta -

Mustard adalah bumbu populer khas Eropa. Warnanya kuning dengan tekstur kental. Di pasaran ada mustard dan Dijon mustard. Apa bedanya?

Dijon mustard ialah sejenis mustard yang berasal dari Dijon, sebuah kota di Burgundy, Prancis. Mustard ini memiliki aroma khas dari anggur putih. Mustard jenis ini pertama kali digunakan sebagai bumbu sejak 1336 oleh Raja Philip VI. Kemudian menjadi populer hingga abad ke-19.

Apa Itu Dijon Mustard dan Mustard? Yuk, Kenali Bedanya!Foto: iStock


Awalnya Dijon mustard dibuat dengan cuka, tetapi penduduk Dijon Jean Naigeon menggantikan bahan khusus itu dengan verjuice (jus dari anggur mentah) pada tahun 1856. Bukan hanya itu, ada beberapa perbedaan mengenai Dijon Mustard dan mustard seperti dilansir dari MSN (9/9).

Baca Juga: Bumbu Dapur yang Wajib Kamu Stok di Rumah

Perbedaan paling jelas antara Dijon mustard dengan mustard pada umumnya ialah dari warnanya. Mustard regular berwarna kuning cerah. Sedangkan Dijon mustard memiliki warna kuning yang kurang cerah dengan sedikit warna cokelat.

Apa Itu Dijon Mustard dan Mustard? Yuk, Kenali Bedanya!Foto: iStock


Kemudian perbedaannya bisa dirasakan dari bahan dan rasanya. Mustard regular terbuat dari biji mustard bubuk, campuran rempah-rempah, dan cuka atau bahkan air. Kemudian mustard kuning memiliki rasa yang lebih ringan dibandingkan dengan Dijon mustard.

Apa Itu Dijon Mustard dan Mustard? Yuk, Kenali Bedanya!Foto: iStock


Sedangkan Dijon mustard jelas memiliki rasa mustard yang khas, tetapi sedikit lebih kuat daripada mustard biasa. Mustard ini dibuat dengan biji mustard cokelat atau hitam dan anggur putih. Dijon mustard ini bisa dipakai untuk saus salad atau saus hot dog.

Baca Juga: Tambahkan Mustard Saat Masak Pasta, Rihanna Dikritik Banyak Orang



Simak Video "Bikin Laper: Viral Nasi Babat yang Bikin Geger di Sidoarjo"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/adr)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com