Makanan Super Pedas

5 Lomba Makan Cabai Super Ekstrem, Ada yang Sambil Berendam Air Cabai

Devi Setya - detikFood Minggu, 08 Sep 2019 18:00 WIB
Foto: istimewa Foto: istimewa
Jakarta - Lomba makan makanan pedas mungkin sudah biasa, bagaimana dengan lomba makan cabai? Beberapa negara pernah menggelar lomba makan cabai super pedas.

Ada istilah yang digunakan untuk para penggemar makanan pedas yakni 'pyro-gurmaniac'. Pyro berarti api atau pedas sementara gourmaniac adalah orang yang senang menikmati penderitaan lewat makanan. Artinya para penggila pedas seolah merasakan nikmat ketika melahap makanan pedas meskipun tahu akan tersiksa.

Bagi para penggila makanan pedas tentu saja merasa tertantang ketika ada kontes makan cabai. Dilansir dari Thrillist (8/9) beberapa negara tercatat pernah mengadakan lomba makan cabai. Bukan cabai biasa, lomba ini melibatkan cabai-cabai super pedas di dunia.

1. Lomba makan cabai Carolina Reaper
5 Lomba Makan Cabai Seper Ekstrem, Ada yang Sambil Berendam Air CabaiFoto: istimewa

Carolina reaper adalah jenis cabai terpedas di dunia, cabai ini menempati urutan pertama. Bisa dibayangkan bagaimana pedasnya cabai mungil yang bahkan seolah bisa meledakkan mulut ini.

Lomba ini digelar Clifton Chilli Club yang berlokasi di Inggris. Lomba ini digelar bertahap artinya peserta harus melewati proses seleksi ketat sebelum akhirnya bisa ikut kompetisi makan cabai terprdas di dunia. Peserta harus lolos dulu dalam seleksi makan cabai jalapeno, cabai naga, dan cabai habanero sebelum bisa menikmati cabai carolina reaper.

Pada babak final, peserta diharusnya melahap dua butir cabai carolina reaper. Orang yang berhasil menghabiskan cabai ini berhak membawa sebuah trofi serta uang tunai.

Baca juga : Tantangan Buat Pencinta Pedas, Lomba Makan Cabai Tanpa Minum!

2. Lomba makan cabai Naga King
5 Lomba Makan Cabai Seper Ekstrem, Ada yang Sambil Berendam Air CabaiFoto: istimewa

Lomba ini digelar pada 2013 di India dan kini menjadi lomba yang rutin digelar setiap tahun. Jenis cabai yang dijadikan lomba yakni cabai Naga King yang memiliki level pedas 1,5 juta SHU. Meski tingkat rasa pedasnya di bawah Carolina Reaper tapi tetap saja cabai ini super pedas.

Para peserta yang berminat ikut harus menghabiskan sebanyak-banyaknya cabai ini dalam waktu 20 detik. Meski beresiko tinggi, lomba ini selalu saja diminati banyak orang. Para pemenang lomba makan cabai akan dihadiahi uang tunai $600 (Rp 8,4 juta). Beberapa tahun lalu ada peserta yang berhasil menghabiskan 12 butir cabai sebelum akhirnya ia tak sadarkan diri.

3. Lomba makan cabai lokal Meksiko
5 Lomba Makan Cabai Seper Ekstrem, Ada yang Sambil Berendam Air CabaiFoto: istimewa

Lomba makan yang satu ini tidak melibatkan cabai terpedas di dunia melainkan cabai lokal asal Meksiko. Lomba ini digelar di Hatch Valley saat festival cabai yang digelar masyarakat sekitar.

Peserta yang tertarik mengikuti lomba ini harus adu banyak melahap cabai dalam waktu yang sudah ditentukan. Cabai lokal asal Meksiko ini juga tak bisa dianggap remeh karena rasanya menggigit. Oiya soal hadiah, pemenang lomba akan mendapat hadiah sekantung cabai. Tertarik?

4. Lomba makan cabai secara marathon
5 Lomba Makan Cabai Seper Ekstrem, Ada yang Sambil Berendam Air CabaiFoto: istimewa

Cabai yang disantap pada festival ini melibatkan cabai lokal asal Calabria, Italia. Cabai yang disantap ini jenis cabai peperoncino yang disajikan dengan roti dan minyak zaitun.

Aturan lomba ini juga unik karena tak mengharuskan peserta makan dalam jumlah banyak. Sebaliknya, peserta harus kuat menahan pedas. Pemenangnya dipilih berdasarkan peserta yang paling merasa kuat menahan pedas. Secara terus menerus, pemenang lomba ini diraih Franesco Vecchio.

Baca juga : Keren! Wanita Ini Menangkan Kompetisi Makan Cabe di Kolam Air Panas

5. Lomba makan cabai sambil berendam air cabai
5 Lomba Makan Cabai Seper Ekstrem, Ada yang Sambil Berendam Air CabaiFoto: istimewa

Di China ada lomba unik yang mennantang adrenalin. Di sini peserta tidak hanya harus suka makan makanan pedas melainkan harus memiliki tubuh yang kuat dari paparan pedas cabai. Kok bisa?

Ya, lomba makan cabai ini mengharuskan peserta makan cabai sekaligus sambil berendam di kolam berisi ribuan cabai. Pada tahun 2018, peserta wanita bernama Yi Huan berhasil memenangkan kontes dengan makan 20 cabai dalam waktu satu menit. Tubuhnya juga kuat menahan pedasnya air cabai.

Simak Video "Santap Pedas Segar Gurame Sambal Matah di Resto Instagramable"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)