Yummy! Ini 7 Hot Dog Unik dari Korea hingga Meksiko

Milla Kurniaputri - detikFood Sabtu, 07 Sep 2019 16:00 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Selama ini bentuk hot dog identik sebagai sosis yang diapit sandwich. Padahal di beberapa negara, hot dog tampil berbeda. Kreasi ini wajib dicicip para pencinta hot dog saat traveling!

Hot dog telah menjadi salah satu makanan terpopuler di Amerika Serikat. Sepotong sosis diisi di tengah roti sandwich kemudian dilengkapi saus tomat dan mustard. Bukan hanya di Amerika Serikat, hot dog juga menjadi tradisi kuliner di beberapa negara.

Namun tidak seperti hot dog pada umumnya, di beberapa negara ini hot dog justru ditambahkan topping yang unik dan berbeda. Inilah 7 hot dog unik di seluruh dunia seperti dilansir dari Mashed (4/9).



1. Tokkebi - Korea Selatan

Yummy! Ini 7 Hot Dog Unik dari Korea hingga MeksikoFoto: Istimewa

Tokkebi dari Korea Selatan ini adalah hot dog goreng. Hot dog ini dibalut adonan, ditaburi kentang, lalu digoreng. Kemudian diolesi saus dan hot dog ini disajikan dengan tusukkan.

Hot dog jenis ini jarang dijual di dalam restoran mewah. Makanan ini bisa Anda dapatkan di pedagang kaki lima, yang terkadang dijual hingga larut malam dalam harga murah. Selain murah, hot dog ini juga memiliki rasa yang lezat. Di Indonesia, makanan seperti ini biasa disebut dengan Sotang atau sosis kentang.

2. Hot Dog Tunnbrödsrulle - Swedia

Yummy! Ini 7 Hot Dog Unik dari Korea hingga MeksikoFoto: Istimewa

Hot dog dari Swedia ini terlihat seperti sandwich karena dilengkapi sayuran. Tapi ini jelas bukan sandwich dan hampir tidak terlihat seperti hot dog. Tunnbrödsrulle ialah makanan dari Swedia yang terdiri dari hot dog, mashed potato, selada, salad udang, saus mayones, bawang, saus tomat dan mustard. Semuanya lalu dibungkus tortilla atau flatbread.

3. Hot Dog Pastry - China

Yummy! Ini 7 Hot Dog Unik dari Korea hingga MeksikoFoto: Istimewa

Hot dog di China dibuat menjadi roti dengan beberapa bentuk dan ukuran. Roti ini kabarnya sudah cukup populer di China bahkan sudah dijual di toko roti di seluruh negeri. China memang memiliki beragam jenis hot dog pastry yang beragam. Bisa dibuat dari muffin, irisan roti, atau danish kemudian dilengkapi berbagai bumbu seperti mayones, keju, hingga kuning telur.

4. Párek v Rohlíku - Republik Ceko

Yummy! Ini 7 Hot Dog Unik dari Korea hingga MeksikoFoto: Istimewa

Di Ceko, variasi hot dog nya dikenal sebagai párek v rohlíku yang artinya berarti "sosis dalam gulungan." Hot dog ini terdiri dari wurst, beberapa bumbu, dan roti gulung yang keras. Namun belum ditemukan berapa harga hot dog Eropa ini dan dimana Anda bisa mendapatkannya. Namun terlihat bahwa hot dog ini berada di dalam roti.

5. Da Chang Bao Xiao Chang - Taiwan

Yummy! Ini 7 Hot Dog Unik dari Korea hingga MeksikoFoto: Istimewa

Hot dog versi Taiwan adalah makanan yang benar-benar unik. Da Chang Bao Xiao Chang, yang artinya "sosis besar di bungkus sosis kecil," adalah makanan kaki lima yang biasa ditemukan di pasar malam Taiwan. Awalnya makanan ini benar-benar terlihat seperti hot dog normal. Namun ternyata roti itu adalah sosis yang terbuat dari beras ketan. Hot dog ini dilengkapi dengan selada, sayuran asin, dan bawang putih. Bukan hanya itu, Anda bisa menambahkan lada hitam ataupun wasabi.

6. Salchipapas - Peru

Yummy! Ini 7 Hot Dog Unik dari Korea hingga MeksikoFoto: Istimewa

Salchipapas adalah makanan kaki lima Peru yang arti istilahnya ialah "hot dog." Hidangan yang sangat populer ini berasal dari makanan orang miskin tetapi sekarang dinikmati di seluruh negeri dan sekitarnya, termasuk di Kolombia, Bolivia, dan Ekuador. Sering ditemukan di pedagang kaki lima, salchipapas ("salchi" yang berarti sosis dan "papas" yang berarti kentang) ini pada dasarnya terbuat dari sosis goreng dan kentang goreng yang disertai saus tomat, saus cabai, mustard dan mayo. Kemudian dilengkapi telur goreng, keju, tomat, dan selada.

7. Hot dog Sonoran - Meksiko

Yummy! Ini 7 Hot Dog Unik dari Korea hingga MeksikoFoto: Istimewa

Hot dog Sonoran berasal dari kota Meksiko, namun kemudian menyebar di luar perbatasan negara. Hot dog ini dibuat dengan membungkus hot dog dalam daging dan memanggangnya sampai renyah. Daging hot dog kemudian ditempatkan di dalam bolillo, yang merupakan sejenis roti gulung. Kemudian atasnya ditaburi kacang, tomat cincang, bawang, mayones, mustard, dan salsa jalapeño. Kemudian ditambahkan cabai yang disajikan sebagai pelengkap.

Hot dog Sonoran ini kabarnya pertama kali di jual pada tahun 1940-an. Kemudian hampir setengah abad, mereka menemukan lebih banyak popularitas di kalangan pelajar kota, setelah itu para pedagang kaki lima mulai menjualnya di kampus. Namun, saat ini, hot dog ini juga ditemukan sampai ke Arizona, di kota-kota seperti Phoenix dan Tucson. Bahkan ada yang bilang bahwa hot dog ini merupakan perpaduan rasa dan budaya dari kedua negara yaitu Meksiko dan Amerika Serikat.





Simak Video "Hot Dog Pisang "
[Gambas:Video 20detik]
(adr/adr)