Makanan Super Pedas

Ini Dia Rekor Dunia untuk Cabai Terpanjang hingga Terberat

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Jumat, 06 Sep 2019 12:01 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
FOKUS BERITA Makanan Super Pedas
Jakarta - Guinness World Records mencatat rekor dunia seputar cabai. Ada rekor cabai terpanjang hingga terberat yang berhasil dipecahkan. Siapa saja pemegang rekor itu?

Berbagai rekor makanan dan minuman selalu menarik untuk disimak. Khusus penggemar cabai dan makanan pedas perlu mengetahui rekor ini. Guinness World Records mencatat berbagai pencapaian 'paling' seputar cabai dan mereka yang mengonsumsinya.

Lokasi pemecahan rekor juga sangat beragam, mulai dari di Korea Selatan sampai Swiss. Berikut 5 rekor dunia terkait cabai yang dicatat Guinness World Records (6/9).

Baca Juga: Hobi Makan Pedas, 5 YouTuber Ini Sanggup Santap Ratusan Cabai!

1. Cabai terpanjang

Ini Dia Rekor Dunia untuk Cabai Terpanjang hingga TerberatFoto: Istimewa

Ilustrasi: Etsy
Panjang cabai merah biasanya sekitar ukuran jari saja, tapi ada rekor dunia terkait cabai paling panjang. Adalah Jurg Wiesli dari Swiss, tepatnya Jona, yang memegang rekor ini. Pada 30 September 2018, ia melaporkan cabai sepanjang 50,5 cm miliknya.

Cabai tersebut merupakan cabai Cayenne, jenis Capsicum annuum. Pengukuran panjang cabai dilakukan dalam garis lurus dari bagian punggung cabai yang berwarna merah dan merupakan bagian paling tebal dari cabai hingga ke atasnya. Adapun lokasi pemecahan rekor berlangsung dalam rangkaian acara The Great Pumpkin Commonwealth.

2. Tali cabai terpanjang

Ini Dia Rekor Dunia untuk Cabai Terpanjang hingga TerberatFoto: Istimewa

Ilustrasi: American Profile
Beberapa orang pilih simpan dan keringkan cabai dengan cara merangkainya jadi untaian tali. Satu per satu cabai disusun hingga bentuknya memanjang. Nantinya cabai dijemur hingga kering dan bisa digunakan sebagai condiment dengan cara dihaluskan.

Warga Korea Selatan, tepatnya di kota Suncheon memilih pecahkan rekor tali cabai terpanjang. Mereka membuatnya sampai 1.395 meter. Tali cabai ini dibuat oleh 2.533 orang pada 11 Oktober 2008. Kabarnya ada 29.037 buah cabai tersusun dalam untaian tali tersebut.

3. Cabai terberat

Ini Dia Rekor Dunia untuk Cabai Terpanjang hingga TerberatFoto: Istimewa

Ilustrasi: AutoPot
Satu buah cabai biasanya hanya seberat beberapa gram saja, tapi tidak dengan cabai milik Dale Toten. Pria asal Malvern, Inggris ini memiliki cabai Capsicum annuum seberat 0,42 kg per buah atau hampir 1/2 kg. Ia memecahkan rekornya pada 29 September 2018.

Sebelumnya rekor cabai terberat diraih oleh Kevin Fortey di Inggris. Ia memiliki cabai seberat 0,348 kg. Cabai terberat tersebut dipamerkan di UK National Giant Vegetable Championships pada 23-24 September 2017.

4. Memotong cabai terbanyak dalam 30 detik

Ini Dia Rekor Dunia untuk Cabai Terpanjang hingga TerberatFoto: Istimewa

Ilustrasi: Istimewa
Siapa bilang memotong cabai tidak bisa dijadikan rekor? Steffen Henssler dari Hamburg, Jerman membuktikannya. Ia unjuk kebolehan memotong cabai sebanyak mungkin dalam waktu 30 detik.

Pada 19 Maret 2013, ia berhasil pecahkan rekor dengan total 11 cabai terpotong selama 30 detik. Pemecahan rekor berlangsung di acara What's for Beats? di Hamburg.

5. Cabai terpedas di dunia

Ini Dia Rekor Dunia untuk Cabai Terpanjang hingga TerberatFoto: Istimewa

Foto: Guinness World Records
Carolina Reaper identik dengan cabai terpedas di dunia. Guinness World Records bahkan mengakuinya sejak 2013. Pada 2017, rekor cabai terpedas di dunia masih dipegang Carolina Reaper yang dibudidayakan Ed Currie dari PuckerButt Pepper Company di Amerika Serikat.

Tingkat kepedasannya tak main-main, mencapai 1,641,183 Scoville Heat Units (SHU). Pengecekan dilakukan di Winthrop University, Carolina Selatan sepanjang 2017.

Baca Juga: Ini 5 Cabai Pemegang Rekor Terpedas di Dunia, Berani Coba?



Simak Video "Melihat Proses Pembuatan Tiramisu Terpanjang di Dunia"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)
FOKUS BERITA Makanan Super Pedas