Makanan Super Pedas

Di Sini Ada Sambal Domba Membara hingga Sambal Koslet Bikin Bibir Dower

Sonia Basoni - detikFood Kamis, 05 Sep 2019 15:40 WIB
Foto: dok. detikFood
FOKUS BERITA Makanan Super Pedas
Jakarta - Penggemar pedas kini dimanjakan dengan berbagai restoran sambal. Di restoran ini, bisa coba aneka sambal racikan spesial, yang bikin bibir dower.

Berasal dari Bandung, restoran Sambal Khas Karmila punya banyak cabang di Jakarta. Salah satunya di Tebet. Dengan konsep makanan super pedas, yang menggabungkan racikan sambal spesial, dengan aneka lauk, restoran ini cocok bagi penggemar pedas.

Baca Juga: Hobi Makan Pedas, 5 YouTuber Ini Sanggup Santap Ratusan Cabai!
Di Sini Ada Sambal Domba Membara hingga Sambal Koslet Bikin Bibir DowerFoto: dok. detikFood

Selain tren warung sambal kaki lima, restoran spesial sambal juga mulai bermunculan. Di Sambal Khas Karmila, pengunjung akan dimanjakan dengan tujuh pilihan sambal yang pedasnya menggelegar.

"Kalau menu sambal yang paling favorit dan banyak dipesan di sini, ada sambal domba, sambal mangga, hingga sambal konslet. Semuanya punya ciri khasnya masing-masing, ada yang pedas manis, pedas asam, hingga pedas menyengat," tutur salah satu pelayan di sana, sambil menulis pesanan para pengunjung.

Menu sambalnya ada Sambal Merah Domba Membara, Sambal Karmila Juaa Dunia, Sambal Mangga yang The Best, Sambal Bawang Goreng Rahasia Karmila, Sambal Bawang Dengan Jeruk Nipis, Sambal Konslet Dower, hingga Sambal Pedas Manis Si Mbak. Semua harga sambal dibanderol Rp 4.545 per porsinya.
Di Sini Ada Sambal Domba Membara hingga Sambal Koslet Bikin Bibir DowerFoto: dok. detikFood

Banyak pengunjung yang langsung memesan semua jenis sambal di Karmila, karena mereka penasaran dengan racikan restoran sambal kekinian ini. Untuk masalah lauk, pilihannya juga tak kalah menggoda. Menurut salah satu pelayan di sana, aneka sambal ini paling pas jika disantap dengan Ayam Goreng Rempah Rawit (Rp 19.545) atau Ayam Goreng Melted Mozzarella (Rp 21.818).

Semua lauk di sini punya rasa yang pedas. Tak hanya itu, agar nafsu makan semakin meningkat, Sambal Karmila suguhkan empat pilihan nasi. Seperti nasi putih, nasi merah, nasi Hainan Singapura, hingga Nasi Pedas Khas Mbak Karmila dengan kisaran harga Rp 6.000 an.
Di Sini Ada Sambal Domba Membara hingga Sambal Koslet Bikin Bibir DowerFoto: dok. detikFood
Tentunya Nasi Pedas Khas Mbak Karmila ini yang menarik perhatian. Tampilannya mirip seperti nasi goreng putih dengan irisan cabe di dalamnya, tapi rasanya lebih mirip seperti nasi uduk yang super pedas. Cocok untuk disantap dengan aneka sambal.

Nah, kalau sambalnya sendiri. Setiap sambal punya racikan yang khas. Contohnya Sambal Merah Domba Membara, yang jadi sambal andalan di sini, menggunakan cabe domba dari Jawa Barat, sambel diulek dan ditumis dengan minyak panas sehingga rasa pedasnya menyengat dan sedikit asin.

Kemudian Sambal Karmila Juara Dunia dan Sambal Mangga Yang The Best, jenisnya sambal mentah yang menggunakan asam Jawa sehingga rasanya cenderung lebih asam dan segar pedas.
Di Sini Ada Sambal Domba Membara hingga Sambal Koslet Bikin Bibir DowerFoto: dok. detikFood

Lalu Sambal Konslet Dower yang terdiri dari irisan cabe hijau dan merah, dengan rasa yang mirip seperti sambal untuk dendeng. Bagi yang tak suka pedas, tak usah khawatir, karena Karmila juga menyajikan Sambal Pedas Manis Si Mbak yang terdiri dari irisan bawang, cabe merah, dan limpahan kecap manis.

Terakhir ada Sambal Bawang Goreng Rahasia Karmila, yang tampilannya unik. Karena bentuk sambalnya mirip seperti serundeng, hanya saja terdiri dari irisan bawang merah, cabe rawit, yang digoreng hingga garing. Cocok untuk taburan di atas nasi hangat.

Bagi yang vegetarian, bisa juga pesan menu-menu enak di sini. Seperti Nasi Hainan Singapura, yang cocok dipadukan dengan perkedel jagung bakar Jatiwangi (Rp 5.900) yang gurih dan ukurannya besar. Bisa juga tambah tahu penyet, hingga irisan tempe goreng gurih, dan lalapan sayur segar.
Di Sini Ada Sambal Domba Membara hingga Sambal Koslet Bikin Bibir DowerFoto: dok. detikFood
"Kita langganan di sini, sering makan di Sambal Khas Karmila karena letaknya dekat dengan kantor, potongan ayamnya juga besar, dan porsi lauknya juga banyak," tutur salah satu pengunjung bernama Yuda.

Selain Yuda, ada juga pelanggan bernama Dewi, yang mengungkapkan bahwa racikan sambal di Karmila banyak pilihannya dan rasanya enak.

"Kalau saya suka makan di sini, karena pilihan sambelnya beragam. Rasa makanannya juga enak, dan menurut saya kisaran harganya masih terjangkau, jadi saya sering makan di sini," pungkas Dewi.
Di Sini Ada Sambal Domba Membara hingga Sambal Koslet Bikin Bibir DowerFoto: dok. detikFood

Nah selain pilihan sambal yang variatif, pilihan lauknya juga tak hanya ayam saja. Ada Lele Goreng Gurih, Bandeng Cabut Duri, Baby Ikan Mas Goreng, Teri Tempe, hingga Sayur Lodeh Nikmat.

Baca Juga: Asli Indonesia! Ada Penyetan Surabaya hingga Rica Manado yang Pedas Mantap

Sambal Khas Karmila Tebet
Jl. KH. Abdullah Syafei No.46.
Tebet Timur, Jakarta Selatan.
Telp: (021) 22323204
Jam Buka: 10.00 - 23.00

Simak Video "Masak Masak: Bikin Sambal ala Abang Bakso"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)
FOKUS BERITA Makanan Super Pedas