Begini Cara Bikin Saus Bolognese Tradisional Italia yang Enak

Milla Kurniaputri - detikFood Selasa, 03 Sep 2019 10:40 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Saus bolognese ialah saus pasta favorit, selain pesto dan carbonara. Saus ini dibuat dari saus tomat yang berpadu dengan daging dan bumbu sedap.

Sesuai dengan namanya, bolognese berasal dari Bologna, Italia. Di Bologna, saus ini disebut ragu alla bolognese atau terkenal dengan nama ragu. Konon, saus bolognese ini pertama kali dibuat pada akhir abad ke 18. Rasa saus ini dominasi manis asam dari tomat yang berpadu dengan daging sapi yang gurih.

Saus bolognese biasanya dipadukan dengan jenis pasta seperti spaghetti, tagliatelle, ataupun lasagna. Saus Bolognese dibuat dengan menggunakan bahan asli seperti daging sapi, saus tomat, kemudian dimasak selama berjam-jam agar rasanya lebih maksimal.

Begini Cara Bikin Saus Bolognese Tradisional Italia yang EnakFoto: iStock

Ternyata, untuk mendapatkan Saus Bolognese Tradisional yang kental, perlu dimasak selama 4 jam. Jika suka bisa memakai tambahan white wine atau red wine. Bahan lainnya saus tomat, susu, dan kaldu sapi. Semakin lama saus ini dididihkan, semakin enak rasanya. Jadi perlu waktu 4 jam untuk menghasilkan saus bolognese terbaik.

Dilansir dari Culinary Ginger (26/1), inilah cara Membuat Saus Bolognese Tradisional yang mudah.

1. Bumbui daging sapi dengan garam dan merica bubuk secukupnya. Kemudian tumis dengan minyak zaitun dan mentega terlebih dahulu hingga warnanya berubah kecokelatan.

2. Tambahkan sayuran seperti cincangan bawang bombay, seledri dan wortel, lalu bawang putih.

3. Tambahkan wine, jika suka, kemudian kecilkan api.

4. Tambahkan saus tomat, kaldu sapi dan susu. Ketika sudah tercampur, tutup sebagian panci dan biarkan mendidih perlahan di atas api kecil selama 4 jam.

Begini Cara Bikin Saus Bolognese Tradisional Italia yang EnakFoto: iStock

Untuk mendapatkan saus yang kental, Anda tak perlu khawatir, sebab saus akan mengental sendirinya ketika sudah dimasak selama 4 jam. Jika saus Anda tidak mengental setelah 4 jam, Anda bisa buka tutup panci dan besarkan api sedikit sehingga sausnya jadi kental.

Hal ini akan membuat cairan pada saus menguap. Sebaiknya aduk-aduk sesekali agar tidak terbentuk kerak di dasar panci atau gosong.

Jika sebaliknya, saus mengental terlalu cepat saat mendidih, kecilkan api dan tutup panci hingga rapat. Kemudian jika Anda menghidangkan saus, namun hasilnya tidak seperti yang diharapkan, Anda bisa masukkan saus ke wajan dan panaskan kembali saus dengan api sedang sambil diaduk.

Begini Cara Bikin Saus Bolognese Tradisional Italia yang EnakFoto: iStock

Jika saus masih terlalu kental saat dihangatkan, tambahkan sedikit kaldu sapi, Anda juga bisa menambahkan lebih banyak saus tomat.

Berikut resep saus bolognese tradisional Italia yang bisa Anda buat di rumah:

Bahan:
1 sdm minyak zaitun
1 sdm unsalted butter/mentega tawar
1.4 kg daging sapi cincang (80% daging:20% lemak)
170 g beef bacon, potong-potong
1/2 sdt garam
1/4 sdt lada hitam bubuk
300 gram bawang bombay besar, iris-iris
2 batang seledri, potong-potong
1 buah wortel ukuran besar, potong-potong
5 siung bawang putih, cincang halus
200 ml white wine atau red wine, jika suka
450 g puree tomat
250 ml susu
250 ml kaldu sapi

Begini Cara Bikin Saus Bolognese Tradisional Italia yang EnakFoto: iStock

Cara membuat:

1. Di panci besar, panaskan minyak zaitun dan mentega di api sedang. Ketika mentega meleleh dan sudah bergelembung, masukkan daging sapi cincang, beef bacon, garam, dan lada. Masak hingga daging berubah warna jadi kecokelatan.
2. Tambahkan bawang bombay, seledri, dan wortel. Aduk rata dan masak 3 menit. Masukkan bawang putih kemudian masak lagi 2 menit.
3. Tambahkan wine, jika suka lalu aduk, dan biarkan campuran matang selama 3 menit. Tambahkan puree tomat, susu, kaldu, dan aduk rata.
4. Tutup sebagian panci dan masak dengan api kecil selama 4 jam. Aduk sesekali untuk cegah saus lengket di dasar panci. Kalau ada lemak yang muncul ke permukaan, ambil dan buang dengan sendok.
5. Saat cairan sudah berkurang, buka tutup panci dan tunggu hingga saus mendidih.
6. Setelah matang, cicip kembali bumbu saus dan sesuaikan dengan cita rasa favorit Anda.



Simak Video "Kuliner Ekstrem Taco Kalajengking, Berani Coba?"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)