Legit Harum Permen Susu Karamel Kopi Seperti Ngopi Cappuccino

Wisma Putra - detikFood Senin, 02 Sep 2019 11:00 WIB
Foto: dok. detikFood Foto: dok. detikFood
Bandung - Pengalengan dikenal sebagai penghasil susu sapi berkualitas. Olahan susu berupa permen susu karamelnya juga terkenal creamy dan legit.

Udara dingin kawasan Pangalengan, Bandung menawarkan beragam obyek wisata gunung yang menarik. Peternakan sapi perah di kawasan ini sudah ada sejak masa kolonial hingga sekarang. Salah satu produk olahan susu yang wajib dibawa saat berkunjung ke Pengalengan adalah permen susu karamel.

Permen susu karamel Pangalengan ini sudah dikenal banyak orang. Berbentuk segi empat kecil berbungkus kertas putih sebagai kemasan khasnya.
Legit Harum Permen Susu Karamel Kopi Seperti Ngopi CappuccinoFoto: dok. detikFood

Sering berjalannya waktu, permen yang memiliki rasa manis dini memiliki beragam varian rasa. Saat ini banyak diminati varian permen susu karamel kopi.

Belum banyak yang memproduksi permen karamel rasa kopi, sehingga permintaan pasar terhadap makanan yang satu ini begitu tinggi. Salah satu petani kopi asal Pangalengan mengatakan, permen susu karamel kopi diciptakan sebagai inovasi bagi para pencinta kopi.

"Jadi kalau kita lagi di perjalanan tinggal mengemut permen ini aja, enggak usah membuat kopi, karena rasanya seperti cappuccino," kta Aleh kepada detikFood, Senin (2/9/2019).
Legit Harum Permen Susu Karamel Kopi Seperti Ngopi CappuccinoFoto: dok. detikFood

Aleh mengungkapkan, Kabupaten Bandung sudah meraih Rekor MURI Kopi, prodak turunan bukan seduhan kopi saja tapi ada juga prodak lainnya, salah satunya permen susu karamel kopi.

Baca Juga : Doyan! Orang Jepang Cicip Kopi, Mie Instan hingga Permen Indonesia

"Permen ini perpaduan antara kopi, gula dan susu. Apalagi Pangalengan juga kan dikenal dengan permen karamelnya," ungkap Aleh.

Ia menuturkan, permen susu karamel kopi ini merupakan kerjasama antara Petani Margamulya dengan KPBS yang menyediakan susu sapinya.
Legit Harum Permen Susu Karamel Kopi Seperti Ngopi CappuccinoFoto: dok. detikFood

'Permen ini ada baru dua tahun ini. Permintaan sudah banyak dan yang ingin menjadi reseller kita juga sudah banyak. Ini tidak ada di orang lain, kebanyakan permen karamel susu, kalau karamel kopi belum ada," jelasnya.

Menurutnya permen susu karamel kopi ini dijual Rp 25 ribu per bungkusnya. "Ini 100 gram, isinya sekitar 50-60 biji. Tiap bulan habisnya bisa mencapai 300 bungkus dari empat kilogram kopi," ujarnya.

detikFood sempat merasakan permen buatan Aleh ini. Rasanya tidak berbeda jauh dengan menyeruput kopi cappucino.
Legit Harum Permen Susu Karamel Kopi Seperti Ngopi CappuccinoFoto: Istimewa

Selain itu, ada sensasi tersendiri saat mengulum permen ini. Ketika sudah lama dikulum kita bisa merasakan bubuk kopi yang sudah dicampurkan ke dalamnya.

"Itu sengaja ada bubuk kopi gitu, kalau kata orang tua dulu biar ada yang bisa digigit, ada kriuk-kriuknya," tambahnya.

"Selian permen kopi, ada olahan lainnya seperti masker kopi, dodol kopi, bolu kopi, nugget kopi dan lainnya. Kita pertahankan Rekor MURI yang waktu itu kegiatannya digelar di Pemda Kabupaten Bandung," pungkasnya.

Baca Juga : Nyam! Mau Coba Permen Kenyal Kopi Berkafein?

Simak Video "Mencicipi Kopi Susu Sunyi Racikan Para Difabel yang Nikmat"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)